Tips Wawancara Kerja, Terapkan Agar Diterima Kerja!

Tips Wawancara Kerja, Terapkan Agar Diterima Kerja!

Wawancara kerja adalah bagian penting dari proses lamaran kerja. Oleh karena itu, anda harus benar-benar siap untuk menghadapinya.

Dalam sesi wawancara kerja, anda akan ditanyai berbagai pertanyaan, dan jawaban yang anda berikan akan menentukan apakah anda layak diterima untuk mengisi posisi yang anda lamar atau tidak.

Proses wawancara kerja harus berjalan baik dan lancar, dan anda harus meninggalkan kesan profesional pada pewawancara.

Anda harus mengetahui bahwa proses wawancara adalah cara perusahaan untuk secara langsung memahami dan mengevaluasi calon pekerja, sehingga anda harus menggunakan kemampuan terbaik anda.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses wawancara banyak hal yang membuat kita grogi, sehingga jawaban yang kita berikan tidak maksimal.

Anda harus mencoba beberapa cara efektif berikut agar sukses dalam wawancara kerja!

1. Terlihat profesional, tapi tidak mengintimidasi

Terkadang, orang yang diwawancarai cenderung berpakaian terlalu berlebihan selama wawancara. Ya, anda memang harus membuat calon bos anda terkesan, tetapi jangan berpakaian terlalu berlebihan. Jadikan riasan anda profesional tapi sederhana.

Mengenai pakaian, hindari memakai celana jeans dan kemeja. Kenakan pakaian formal atau semi formal. Selain itu, hindari memakai warna-warna cerah seperti merah terang.

Merah melambangkan kekuatan dan antusiasme untuk karier anda, tetapi tidak ketika anda adalah seorang pelamar, karena dapat memberikan kesan kepada pewawancara bahwa anda sedang merasa bangga. Dan, anda tidak ingin mereka merasa terancam oleh aura anda.

2. Sapa dengan senyuman, dan tetaplah tersenyum

Pernahkah anda memperhatikan kekuatan menular dari senyuman? Jika anda benar-benar tersenyum pada orang yang cemberut atau serius, dia akan langsung tersenyum kepada anda. Senyuman memang dapat meredakan emosi.

Jika anda ingin menarik pewawancara, masuklah ke ruangan dengan senyum ceria. Juga, tutupi kegugupan anda dengan tetap tersenyum. Ini akan membuat mereka merasa hangat dan lembut kepada anda.

Tersenyum juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Tersenyum bisa membuat anda bahagia. Jadi, jika anda tetap tersenyum selama wawancara, anda akan merasa nyaman dan tidak malu. Pastikan anda tidak terlihat begitu melamun dan suram.

3. Duduk di tempat formal, tapi nyaman

Ketika mereka menyuruh anda duduk, segeralah duduk dengan ramah. Duduk tegak dengan kedua kaki rapat dan putar tubuh ke arah pewawancara. Anda juga bisa menyilangkan kaki, jika anda merasa lebih nyaman dengan cara ini

Pewawancara akan mengamati perilaku anda. Karena itu, bahkan ketika duduk, pastikan anda berperilaku dengan baik dan ramah.

Namun, pastikan anda merasa nyaman dengan posisi duduk anda. Ketidaknyamanan akan mengalihkan perhatian anda dari pertanyaan pewawancara. Ketika merasa nyaman, anda akan merasa rileks dan tidak terlalu gugup.

4. Lakukan kontak mata saat berbicara

Tips lolos wawancara kerja selanjutnya adalah melakukan kontak mata saat bertemu dengan seorang HRD atau perekrut.

Saat bertemu dan berjabat tangan untuk pertama kalinya, pastikan anda mentap matanya. Sikap ini menunjukkan bahwa anda menghormati lawan bicara.

Usahakan tidak terlihat lelah dan fokus ke tatapan mata HRD atau perekrut saat wawancara berlangsung.

Menurut sebuah penelitian, orang yang selalu melihat lawan bicara selama wawancara tampak lebih pintar daripada orang yang menghindari kontak mata.