Tips Mengoptimalkan Investasi dalam Bentuk Asuransi

Tips Mengoptimalkan Investasi dalam Bentuk Asuransi

Investasi tidak hanya di saham, reksadana, deposito, emas dan properti. Ternyata asuransi yang tujuan utamanya adalah proteksi atau perlindungan diri bisa dijadikan sebagai investasi lho.

Untuk mengoptimalkan investasi dalam bentuk asuransi, anda bisa melakukan tips berikut ini:

1. Lirik asuransi unit link

Asuransi unit link merupakan gabungan dari produk asuransi dan investasi. Jadi, asuransi unit link merupakan produk asuransi yang menggabungkan proteksi dan investasi.

Asuransi unit link sangat cocok bagi anda yang menyukai investasi jangka panjang dan ingin meningkatkan kekayaannya. Anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus dalam polis yang sama.

Di antara manfaat investasi ini, jika nasabah membayar premi secara konsisten, perusahaan asuransi akan menjaminkan uang tunai. Anda dapat memilih investasi sesuai dengan kebutuhan dan profil risiko.

Bisa dalam bentuk surat berharga syariah dan aneka reksadana seperti reksadana saham, reksadana campuran, reksadana pendapatan tetap dan reksadana pasar uang. Sebagian dari premi yang anda bayarkan digunakan untuk membayar produk proteksi dan sebagian lagi digunakan untuk produk investasi pilihan anda.

Baca Juga :  Pengin Investasi Kripto? Simak Tips Amannya di Sini!

Untuk diketahui, unit link juga memiliki risiko. Salah satunya adalah ketika asuransi unit link jatuh tempo nilai investasinya turun sehingga menyebabkan anda merugi.

2. Perluas manfaat pertanggungan

Asuransi bukanlah investasi, tetapi manfaat jangka panjang inilah yang menjadikannya seperti investasi.

Semakin anda berasuransi dalam jangka panjang, semakin banyak jumlah pertanggungan yang akan anda dapatkan. Manfaat pertanggungan asuransi pada dasarnya terbatas.

Sebagai tips, sebaiknya anda memperluas manfaat sehingga bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Misalnya, asuransi kesehatan untuk penyakit umum diperluas dengan manfaat pertanggungan penyakit kritis.

Atau asuransi mobil untuk kecelakaan, diperluas dengan manfaat asuransi bencana alam. Manfaat yang diperpanjang ini akan memungkinkan anda membayar premi tambahan.

Tetapi ketika manfaat diperpanjang, anda akan benar-benar merasa nyaman dalam jangka panjang. Salah satunya adalah meminimalkan risiko kerugian.

3. Pesan membayar premi

Tips terakhir adalah membayar premi dengan tertib agar asuransi tetap berlaku/aktif. Dengan cara ini, anda dapat menikmati manfaat yang tercantum dalam polis.

Jika asuransi tidak aktif karena anda terlambat atau menunggak premi, hak anda akan otomatis dicabut. Anda tidak dapat mengajukan klaim atas kerugian yang diderita.

Baca Juga :  Cara Terhindar Pompom Saham, Pemula Harus Tahu!

Untuk itu disiplin mengalokasikan dana untuk membayar premi asuransi setelah menerima upah adalah hal yang amat penting. Jika perlu, anda bisa menggunakan fasilitas autodebet, yang mana pembayaran premi secara otomatis akan diambil dari saldo rekening anda.