Tips Mengoptimalkan Hubungan Antara Makan dan Tidur

Tips Mengoptimalkan Hubungan Antara Makan dan Tidur

Menurut penelitian ilmiah, waktu makan secara langsung memengaruhi ritme sirkadian tubuh, yaitu perubahan fisiologis, psikologis dan perilaku alami yang mengikuti siklus 24 jam. Hubungan ini memengaruhi kesehatan dalam jangka pendek dan panjang.

Dengan pemikiran ini, para ahli tidur mengatakan sekalipun jika anda bekerja pada waktu yang tidak biasa atau dalam perjalanan, anda dapat menggunakan waktu makan untuk menjaga ritme sirkadian tetap stabil.

Tips mengoptimalkan hubungan antara waktu makan dan tidur dalam hidup

1. Konsisten dengan waktu makan

Cara termudah untuk memanfaatkan koneksi ini adalah makan pada waktu yang kira-kira sama setiap hari. Untuk diketahui, tubuh ingin menggunakan jenis bahan bakar tertentu pada waktu tertentu dalam sehari.

Baca Juga :  3 Cara Tepat Membersihkan Telinga, Hindari Cotton Bud

Saat anda aktif dan ada cahaya, tubuh dalam kondisi paling baik dalam mencerna makanan dan minuman.

2. Beri waktu tubuh untuk istirahat sebelum tidur (tidak melakukan aktivitas mencerna)

Cara lain untuk memperbaiki waktu makan untuk mendapatkan tidur yang lebih baik adalah dengan memberikan tubuh anda cukup waktu untuk beristirahat. Idealnya, ini berarti tidak makan setidaknya dua jam sebelum tidur.

3. Untuk pekerja shift malam, sebaiknya makan dengan porsi kecil tapi sering

Jika bekerja di shift malam, makan saat hari masih terang mungkin tidak akan membantu anda. Makan beberapa kali dalam porsi kecil sepanjang hari adalah keputusan yang terbaik.

Ketika anda bekerja pada jam yang tidak biasa, pasti akan lebih sulit untuk memilih makanan bergizi dan makan pada waktu yang konsisten, itulah sebabnya ia merekomendasikan untuk mempersiapkan dan merencanakan apa yang ingin anda makan dan apa yang harus anda makan.

4. Tetapkan jadwal tidur dan makan yang teratur sesegera mungkin saat hendak bepergian

Jika anda ingin bepergian ke suatu tempat di zona waktu baru, anda perlu menyesuaikan pola makan dan tidur sesegera mungkin.

Baca Juga :  6 Cara Menaikkan Berat Badan Alami yang Menyehatkan

Maskapai penerbangan cenderung menyediakan makanan saat dalam keadaan nyaman bagi kru, bukan saat yang terbaik untuk jam tubuh anda, jadi membawa makanan sendiri dapat membantu menyikapi hal itu.

Tetapi meski menerapkan tips ini, anda mungkin masih kesulitan tidur selama beberapa malam pertama di tempat baru.

Sementara itu, banyak faktor yang memengaruhi kualitas tidur kita (seperti stres, olahraga, jadwal kerja, komitmen untuk merawat, screen time, dll).

Jika anda memiliki masalah tidur dan sering memiliki waktu makan yang tidak stabil (atau larut malam), penilaian tentunya sangat penting.

Seperti yang ditunjukkan dengan jelas oleh para ahli, “melanggar” ritme sirkadian alami tubuh tidak hanya berdampak negatif pada tidur, tetapi juga berdampak negatif pada kesehatan secara keseluruhan. Dengan pemikiran ini, waktu makan yang konsisten dapat membentuk perbedaan besar.