fbpx
Teruntuk Ibu Hamil, Ini 6 Cara Efektif Atasi Rasa Mual

Teruntuk Ibu Hamil, Ini 6 Cara Efektif Atasi Rasa Mual

Mual merupakan masalah kesehatan yang banyak dijumpai oleh ibu hamil. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 80% wanita merasa mual saat hamil.

Rasa mual pada ibu hamil biasanya muncul di pagi hari. Tak heran, masalah kesehatan ini disebut morning sickness.

Berikut ini cara mengatasi rasa mual saat hamil:

1. Istirahat yang cukup

Perubahan saat hamil bisa membuat ibu mudah lelah, apalagi jika tetap harus bekerja. Situasi ini dapat memicu atau memperburuk keluhan mual. Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan istirahat yang cukup, dan jika merasa lelah sebaiknya tidak memaksakan diri untuk beraktivitas.

2. Minum banyak air putih

Mual saat hamil bisa membuat kita rentan mengalami dehidrasi. Jika ini terjadi, keluhan mual akan bertambah parah. Kita juga akan mengalami tubuh lemah atau tidak bertenaga.

Untuk itu, penuhi kebutuhan cairan kita  dengan mengonsumsi air putih sebanyak 2 hingga 2,5 liter setiap hari. Kita juga bisa mendapatkan cairan dari buah-buahan segar, seperti semangka, melon, mangga dan jeruk.

Baca Juga :  3 Cara Tepat Membersihkan Telinga, Hindari Cotton Bud

3. Makan porsi sedikit tapi sering

Makan porsi banyak ternyata bisa memperlambat pengosongan lambung. Ini bisa memperburuk rasa mual bagi ibu hamil. Oleh karena itu, dianjurkan agar ibu hamil makan dengan porsi sedikit tapi sering.

4. Konsumsi vitamin B6

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengalami mual dan muntah parah memiliki kadar vitamin B6 yang lebih rendah dalam darahnya.

Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B6 dapat mengurangi gejala mual dan muntah selama kehamilan.

Vitamin B6 dapat ditemukan pada ikan, sayuran, buah-buahan, ayam, biji-bijian,  susu kaya vitamin B6 dan suplemen.

5. Konsumsi jahe

Jahe telah lama digunakan untuk membantu pencernaan dan meredakan sakit perut. Jahe telah terbukti sangat efektif untuk mengatasi mual saat hamil dan direkomendasikan oleh American College of Obstetricians and Gynecologists.

Jahe dapat merangsang pergerakan saluran pencernaan, aliran air liur serta sekresi cairan lambung dan empedu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 70% ibu hamil yang mengonsumsi 250 mg bubuk jahe (4 kali sehari) mengalami penurunan keluhan mual dan muntah dibandingkan dengan diberikan placebo.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan Alami

6. Akupuntur dan akupresur

Cara lain untuk mengatasi mual saat hamil adalah akupuntur dan akupresur. Akupunktur dan akupresur adalah teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang digunakan untuk mengatasi mual dan muntah saat hamil.

Akupuntur dilakukan dengan memasukkan jarum ke lokasi tertentu pada tubuh. Akupresur adalah teknik yang serupa, tetapi menggunakan tekanan sebagai pengganti jarum.

Kedua teknik ini merangsang serabut saraf. Serabut saraf kemudian mengirimkan sinyal yang mereka terima ke otak dan sumsum tulang belakang. Diharapkan dengan mentransmisikan sinyal ini ke otak, rasa mual yang dialami ibu hamil bisa berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.