fbpx

Tahapan terakhir dari seluruh proses respirasi sel yaitu ….

SOAL

Tahapan terakhir dari seluruh proses respirasi sel yaitu ….

A. dekarboksilasi oksidatif

B. fosforilasi glukosa

C. fosforilasi oksidatif

D. transpor elektron

E. dehidrogenasi oksidatif

JAWABAN

Jawabannya adalah D. transpor elektron

PEMBAHASAN

Respirasi aerob adalah proses penguraian zat kompleks menjadi zat sederhana untuk menghasilkan energi dengan bantuan oksigen. Tahapan respirasi aerob terbagi menjadi 4 tahapan yaitu:

  1. Glikolisis terjadi di sitoplasma, substratnya adalah 1 molekul glukosa (yang memiliki 6 atom karbon) dengan bantuan berbagai macam enzim menghasilkan produk berupa 2 molekul asam piruvat, 2 molekul ATP dan 2 molekul NADH.
  2. Dekarboksilasi oksidatif atau reaksi antara, pada tahapan ini terjadi pengubahan substrat berupa 2 molekul asam piruvat (3 atom karbon) dan menghasilkan 2 molekul asetil koenzim A (yang memiliki 2 atom karbon), 2 molekul CO2 dan 2 molekul NADH. Dekarboksilasi oksidatif terjadi matriks mitokondria.
  3. Siklus Krebs, substratnya 2 molekul asetil koenzim dan menghasilkan produk berupa 2 molekul ATP, 2 molekul FADH2 dan 6 molekul NADH serta 4 molekul CO2. Tahap ini terjadi di matriks mitokondria.
  4. Transpor elektron merupakan proses yang menghasilkan energi tertinggi. Transpor elektron menggunakan oksigen sebagai akseptor elektron terakhir dan akan menangkap hidrogen sehingga nantinya akan menghasilkan hasil sampingan berupa air. Bahannya adalah NADH dan FADH2 yang dihasilkan di proses sebelumnya dan akan menghasilkan 34 ATP. Tahap ini terjadi di krista mitokondria.
Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan jaringan?

Jadi, jawabannya adalah D.