fbpx
Simak Cara Perpanjang SIM Online di Aplikasi SINAR

Simak Cara Perpanjang SIM Online di Aplikasi SINAR

Cara perpanjang SIM online merupakan informasi penting bagi pengendara roda dua dan roda empat. Di mana pun berada, anda kini dapat memperpanjang SIM secara online.

Agar proses perpanjangan SIM berjalan lancar, mari kita lihat langkah-langkah perpanjangan SIM online via aplikasi SINAR di bawah ini.

Download Aplikasi SIM Online Digital Korlantas Polri

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri di Google Playstore atau App Store. Berikut kami bagikan link-nya di bawah ini :

Link Download Aplikasi SIM online untuk Android >>> [KLIK DI SINI]
Link Download Aplikasi SIM online untuk iOS >>> [KLIK DI SINI]

Login ke aplikasi dan verifikasi identitas

Setelah men-download, pemohon akan diminta untuk memverifikasi identitas dengan memasukkan nomor ponsel dan email yang valid.

Baca Juga :  Cara Membuat EmojiMix yang Viral di TikTok

Pemohon akan menerima nomor OTP sebagai bukti verifikasi pengguna. Kemudian pemohon diharuskan memasukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP, dan memverifikasinya melalui face recognition.

Isi data diri

Setelah memverifikasi identitas, langsung login ke aplikasi Korlantas Digital Polri dan pilih ikon SINAR atau SIM, lalu klik opsi “perpanjangan SIM”.

Kemudian lampirkan dan unggah data diri berupa foto KTP, foto SIM lama, foto tanda tangan dan pasfoto di layanan aplikasi SINAR.

Tes Kesehatan dan Psikologi

Anda dapat mengajukan permintaan tes psikologi dan kesehatan melalui aplikasi tersebut. Tes kesehatan dilakukan melalui E-Rikkes, dan pemeriksaan psikologi dilakukan melalui e-PPsi yang disediakan oleh layanan SINAR.

Pemohon kemudian akan diberikan kode booking yang ditampilkan saat mengunjungi dokter yang direkomendasikan oleh Pusdokkes Polri.

Dokter akan memperbaharui hasil pemeriksaan pemohon pada formulir permohonan di aplikasi e-RikKes. Jika anda memenuhi persyaratan, hasil tes akan dikirim secara otomatis. Jika tidak, proses pembaruan SIM telah gagal.

Pilih wilayah polda dan satpas

Setelah semua berkas data diri dinyatakan sudah lengkap, pemohon dapat memilih wilayah Polda dan lokasi Satpas yang sesuai.

Baca Juga :  Cara Mematikan Centang Biru WA di Android dan iOS

Isi metode pengiriman

Berikutnya, pemohon diberikan metode pengiriman, yakni dikirimkan langsung ke alamat pemohon dengan jasa ekspedisi, diambil sendiri atau diawakilkan dengan surat kuasa.

Proses pembayaran

Untuk proses pembayaran, pemohon dapat melakukan pembayaran melalui virtual account BNI.

Setelah proses pembayaran selesai, SIM akan dicetak sesuai dengan metode pengiriman yang dipilih untuk diterima oleh pemohon. Setelah menerima kartu SIM, pemohon harus mengonfirmasi penerimaan kartu SIM.

Itulah informasi tentang cara memperpanjang SIM online via aplikasi SINAR. Cukup pakai smartphone dan di rumah aja, perpanjangan SIM dapat dilakukan dengan mudah dan praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.