Salah satu kesepakatan yang dicapai dalam konferensi Meja Bundar adalah ketentuan mengenai Irian Barat. Ketentuan yang disepakati adalah….

SOAL

Salah satu kesepakatan yang dicapai dalam konferensi Meja Bundar adalah ketentuan mengenai Irian Barat. Ketentuan yang disepakati adalah….

JAWABAN

Ketentuan yang disepakati adalah penyelesaian masalah Irian Barat ditunda setahun kemudian setelah penyerahan kedaulatan pada Republik Indonesia Serikat.

PEMBAHASAN

Konferensi Meja Bundar (KMB) merupakan salah satu perundingan antara Indonesia dan Belanda setelah sebelumnya telah melewati berbagai jalur diplomasi lain seperti Perundingan Linggarjati, Renville dan Roem-Royen. Konferensi Meja Bundar (KMB) dilaksanakan pada 23 Agustus 1949 dan ditandatangani pada tanggal 2 November 1949.

Adapun isi perundingannya antara lain Belanda mengakui Republik Indonesia Serikat sebagai negara yang berdaulat, pengakuan kedaulatan dilaksanakan selambat-lambatnya tanggal 30 Desember 1949, antara RIS dan Kerajaan Belanda akan diadakan hubungan Uni Indonesia-Belanda dengan Ratu Belanda sebagai ketua, serta penyelesaian masalah Irian Barat ditunda setahun kemudian setelah penyerahan kedaulatan pada Republik Indonesia Serikat, yaitu pada 1950.

Dengan demikian, ketentuan yang disepakati adalah penyelesaian masalah Irian Barat ditunda setahun kemudian setelah penyerahan kedaulatan pada Republik Indonesia Serikat.