fbpx
Penting! Cara Cek Masa Kedaluwarsa Produk Kosmetik

Penting! Cara Cek Masa Kedaluwarsa Produk Kosmetik

Seperti halnya bahan makanan, bahan kosmetik juga memiliki masa kedaluwarsa dan harus diperhatikan dengan cermat.

Produk kosmetik, khususnya produk perawatan kulit, sebaiknya dikonsumsi sebelum tanggal kedaluwarsa.

Produk perawatan kulit adalah zat kimia atau herbal yang dirancang untuk menembus pori-pori kulit dan kemudian menetap di sana untuk menutrisi sel-sel kulit.

Oleh karena itu, bahan yang digunakan sebaiknya bahan yang masih dalam masa penggunaan terbaik, agar tidak menimbulkan berbagai iritasi pada kulit.

Kosmetik dan produk perawatan kulit yang telah melewati masa pakainya biasanya berubah teksturnya. Sehingga, akan sulit untuk diaplikasikan karena mungkin terjadi pengentalan atau pemadatan.

Selain itu, bahan kosmetik yang sudah tidak layak pakai juga bisa menyebabkan iritasi karena sudah ditumbuhi bakteri.

Cara cek masa kedaluwarsa kosmetik

Setiap kosmetik umumnya memiliki tanggal kedaluarsa atau expired date setelah dibuka. Sayangnya, banyak orang mengabaikan hal ini.

Untuk mengeceknya, masa kedaluwarsa kosmetik biasanya tercantum di bagian bawah kemasan produk. Setiap produk kosmetik memiliki tanggal kedaluarsa yang berbeda, ini tergantung konsistensinya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan Alami

Misalnya, kosmetik cair dan krim akan lebih cepat kedaluwarsa. Kosmetik bubuk cenderung tahan lebih lama. Semakin basah produk (seperti maskara atau eyeliner), semakin mudah bakteri tumbuh di sana.

Pahami rata-rata masa pakai kosmetik

Produk wajah, seperti kosmetik primer, alas foundation dan blush in biasanya memiliki masa pakai terbaik selama 24 bulan setelah produk pertama kali dibuka.

Jadi meskipun kosmetiknya terkenal dan mahal, jika sudah dibuka lebih dari dua tahun sebaiknya dibuang agar tidak membuat iritasi wajah.

Lipstik dan pelembap bibir memiliki ‘umur’ yang lebih pendek. Karena itu, satu tahun setelah dibuka, sebaiknya ganti dengan lipstik baru.

Lipstik akan mengalami perubahan tekstur setelah setahun dibuka-tutup. Seperti menjadi lebih kering atau lembek

Simbol PAO pada lipstik sangat kecil, mengingat kemasan lipstik yang ada juga sangat  mini.

Kemudian maskara, juga memiliki ‘umur’ seperti lipstik. Oleh karena itu, setelah satu tahun dibuka, atau setelah produk menjadi lebih kering dari sebelumnya, harap buang maskara dan ganti dengan yang baru untuk menghindari iritasi mata.

Baca Juga :  4 Cara Menghilangkan Kantung Mata yang Mengganggu

Leave a Reply

Your email address will not be published.