fbpx
Nutrisi Terjaga, Ini Cara Memasak Daging yang Tepat

Nutrisi Terjaga, Ini Cara Memasak Daging yang Tepat

Daging tidak hanya lezat, tetapi juga merupakan sumber protein berkualitas tinggi.

Cara memasak daging yang paling tepat harus dipilih untuk mempertahankan kandungan daging yang berkualitas tinggi.

Memasak daging dengan benar juga dapat membunuh bakteri berbahaya, seperti Salmonella dan E. coli, yang dapat menyebabkan keracunan makanan.

Namun, memasak daging akan mengurangi kapasitas antioksidannya, dan nutrisinya akan hilang selama proses memasak.

Oleh karena itu, memilih cara memasak daging yang paling tepat akan meminimalkan hilangnya nutrisi dan memaksimalkan manfaat kesehatan dari daging tersebut.

1. Dipanggang

Memanggang dengan oven adalah cara yang sehat untuk mengolah daging sapi. Cara ini tidak memerlukan penambahan lemak atau minyak selama proses memasak.

Cara memasak daging dengan dipanggan dalam oven
Cara memasak daging dengan dipanggan dalam oven (Source: freepik)

Untuk menggunakan cara ini, pastikan daging sudah berada dalam suhu ruangan, dan jangan gunakan daging beku atau dingin dari lemari es.

Kemudian, panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 260 derajat celcius. Setelah oven panas, panggang daging selama 5 menit di setiap sisi sampai temperatur dalam daging mencapai sekitar 65 derajat celcius.

Baca Juga :  Catat! Makanan Sehat Berikut Bisa Menghilangkan Stress

2. Direbus

Daging dengan sedikit lemak mungkin terasa keras jika diolah dengan menggunakan api besar. Oleh karena itu, agar dagingnya empuk dan sehat, gunakan cara rebus untuk mengolahnya.

Cara memasak daging dengan direbus
Cara memasak daging dengan direbus (Source: freepik)

Cara merebusnya hampir sama dengan menggunakan berbagai bumbu dan cairan seperti air atau kaldu dengan api kecil dalam beberapa waktu. Selama proses memasak, gunakan panci dengan penutup untuk agar daging matang secara merata.

3. Ditumis

Selama menumis, daging akan terus-menerus dibalik atau diaduk dengan spatula. Sementara menggoreng tidak melibatkan gerakan terus-menerus ini.

Meskipun metode tumis biasanya menggunakan suhu tinggi, waktu memasak yang lebih singkat akan menjaga rasa dan keempukan daging.

Cara memasak daging dengan cara ditumis
Cara memasak daging dengan cara ditumis (Source: freepik)

Teknik memasak ini juga dapat meningkatkan retensi nutrisi dan kecil kemungkinannya untuk mengoksidasi kolesterol daging.

4. Sous vide

Sous vide adalah istilah Prancis yang berarti “di bawah vakum”.

Teknik memasak sous vide menyegel daging dalam kantong plastik kedap udara dan kemudian memasaknya dalam penangas air dan pengatur suhu selama satu hingga beberapa jam.

Baca Juga :  Catat! Makanan Sehat Berikut Bisa Menghilangkan Stress
Cara memasak daging dengan teknik sous vide
Cara memasak daging dengan teknik sous vide (Source: stockfood.com)

Untuk jenis daging tertentu, seperti steak, cara memasak sous vide diikuti dengan penggorengan secara cepat agar mendapatkan hasil kulit yang cokelat.

Cara memasak daging dengan teknik sous vide menggunakan suhu antara 55-60 derajat celcius. Memasak pada suhu ini membantu mengurangi penumpukan bahan kimia berbahaya.