Makna dari kedaulatan di tangan rakyat adalah…..

SOAL

Makna dari kedaulatan di tangan rakyat adalah…..

JAWABAN

Jawaban

Jawabannya yaitu kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Rakyat diberikan kekuasaan yang dilimpahkan kepada pemerintah untuk menjalankan pemerintahan yang ditujukan untuk kemakmuran rakyat itu sendiri. Para pemerintah ini dipilih dan ditentukan oleh rakyat yang melalui sebuah pemilihan yang demokratis.

PEMBAHASAN

Pembahasan

Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi yang ada di suatu negara. Beberapa negara ada yang menggunakan kedaulatan rakyat dimana kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Makna dari kedualatan ditangan rakyat adalah kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.

Rakyat diberikan kekuasaan yang dilimpahkan kepada pemerintah untuk menjalankan pemerintahan yang ditujukan untuk kemakmuran rakyat itu sendiri. Para pemerintah ini dipilih dan ditentukan oleh rakyat yang melalui sebuah pemilihan yang demokratis.

Ciri-ciri negara yang menganut asas kedaulatan rakyat adalah adanya lembaga-lembaga perwakilan rakyat dan Dewan Perwkilan Rakyat, adanya pemilu, kekuasaan atas kedaulatan rakyat dilaksanakan oleh badan atau majelis yang menangani mengawasi pemerintah, dan susunan kekuasaan badan atau majelis itu ditetapkan pada Undang-Undang Dasar.

Jadi, makna kedaulatan di tangan rakyat adalah kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat. Rakyat diberikan kekuasaan yang dilimpahkan kepada pemerintah untuk menjalankan pemerintahan yang ditujukan untuk kemakmuran rakyat itu sendiri. Para pemerintah ini dipilih dan ditentukan oleh rakyat yang melalui sebuah pemilihan yang demokratis.