fbpx
Langkah - Langkah & Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias

Langkah – Langkah & Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias

Ada banyak hal yang bisa dijadikan sebagai peluang usaha atau bisnis dengan modal yang cukup terjangkau. Misal salah satunya adalah usaha atau bisnis tanaman hias. Menjalankan bisnis ini dapat melakukan pembibitan sendiri sehingga tidak perlu untuk mengeluarkan modal yang banyak terus-menerus.

Peluang bisnis ini sangat menjanjikan dan menggiurkan. Ada cukup banyak jenis tanaman hias yang bisa ditawarkan dan dijual seperti tanaman hias bunga, buah, akar, daun dan batang.

Beberapa contoh tanaman hias yang banyak digemari adalah anggrek, anthurium, aglaonema, palem-paleman, bonsai, begonia, adenium, euphorbia dan masih banyak lainnya.

Namun, memulai bisnis tanaman hias ini dibutuhkan pengetahuan yang banyak dan keterampilan, apalagi untuk pemula. Maka dari itu, mengetahui langkah-langkah dan tips memulai bisnis tanaman hias sangat diperlukan.

Nah, untuk membantu mengetahui hal tersebut lebih jauh, di sini akan membahas langkah-langkah bisnis tanaman hias agar menguntungkan. Berikut pembahasannya.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Tanaman Hias Supaya Mendatangkan Banyak Keuntungan

Pengetahuan Diperlukan dalam Bisnis Tanaman Hias

Memulai sebuah bisnis haruslah dibarengi pengetahuan cukup, termasuk memulai bisnis tanaman hias. Akan sulit rasanya jika memulai bisnis namun tidak punya pengetahuan yang cukup mengenai tanaman hias itu sendiri.

Kenalilah lebih dalam dan jauh mengenai seluk beluk dari tanaman hias, misalnya dari jenis, cara perawatan hingga harga jual. Di pasaran, tanaman hias ada yang dijual dari harga yang cukup terjangkau yaitu ratusan ribu saja hingga jutaan rupiah.

Hal itu tergantung dari tingkat kesuburan, bentuk dan pertumbuhannya. Tapi, bila baru memulai sebaiknya menyediakan tanaman hias yang harganya terjangkau.

Memilih Lokasi yang Strategis

Lokasi bisa saja menjadi salah satu kunci untuk sukses di dalam menjalankan bisnis, termasuk bisnis tanaman hias. Tentunya lokasi yang potensial untuk bisnis adalah yang mudah untuk dijangkau oleh calon pelanggan atau konsumen.

Pertimbangkan juga luas area yang nantinya dimanfaatkan untuk bisnis. Hal itu karena bisnis ini membutuhkan area yang cukup luas. Tidak hanya itu, perhatikan juga kesesuaian suhunya agar tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Baca Juga :  Ide Memulai Bisnis Online, Jual Barang Asal Luar Negeri

Pemilihan Jenis dari Tanaman Hias

Salah satu langkah dari langkah-langkah bisnis tanaman hias adalah pemilihan jenis tanaman hias. Pemilihan tanaman yang tepat bisa membuat selalu untung.

Tanaman hias sendiri banyak jenisnya yang bisa untuk menjadi bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan. Pilihlah bunga yang mempunyai daya jual yang stabil serta tidak musiman.

Tidak hanya itu, biaya untuk perawatan tanaman hias bisa dijadikan juga sebagai pertimbangan. Jika terlalu berat, maka mulailah dengan satu atau dua jenis tanaman dahulu, kemudian jika sudah berkembang bisa ditambah jenis yang baru.

Mempersiapkan Media Tanam

Dalam bisnis tanaman hias, media tanam adalah yang utama. Media tanam haruslah berkualitas supaya bisa menjaga tanaman tetap segar dan subur. Jadi, pahamilah kebutuhan media tanam yang harus disiapkan.

Melakukan Promosi dan Pemasaran Saat Memulai Bisnis

Hal ini sangat wajib dilakukan dalam berbisnis. Promosikanlah bisnis melalui daring atau kenalkan pada teman-teman atau orang-orang sekitar serta komunitas pecinta tanaman. Buat yang semenarik mungkin sehingga menarik banyak peminat atau calon konsumen.

Baca Juga :  Beberapa Bisnis Kuliner Modal Kecil yang Bisa Dicoba

Nah, setelah mengetahui berbagai langkah di atas, akan lebih baik jika mengetahui juga tips bisnis tanaman hias. Untuk itu, di sini juga sekalian akan membahasnya. Beberapa tips tersebut, sebagai berikut.

Tips Usaha atau Bisnis Tanaman Hias

  1. Rawatlah tanaman yang dijual dengan sebaik-baiknya.
  2. Tentukan arah dari penjualan dengan melakukan identifikasi target pasar apakah untuk semua kalangan atau hanya tertentu.
  3. Tidak hanya tanaman hias, sebaiknya juga menjual hal-hal yang mempunyai kaitan dengan tanaman hias seperti pupuk, tanah dan pot.
  4. Cari bibit yang bagus yang nantinya diperbanyak dengan stek. Ini untuk menekan modal yang harus dikeluarkan.

Demikian pembahasan di artikel ini mengenai langkah-langkah bisnis tanaman hias dan tips memulainya.