fbpx
Ketahui Berbagai Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Ketahui Berbagai Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat jalan kaki bagi kesehatan. Jadi, kita tidak boleh meremehkan olahraga ringan ini.

Jalan kaki bisa dilakukan setiap pagi dalam waktu kurang lebih 30 menit. Jadi, luangkan waktu sebentar untuk berolahraga ya!

Berikut 7 manfaat jalan kaki bagi kesehatan.

Menurunkan berat badan

Kita bisa membakar setidaknya 150 kalori dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari. Semakin cepat kita berjalan, semakin banyak kalori yang dibakar.

Hal ini dapat membantu kita mengontrol berat badan dan dengan demikian membuat tubuh kita lebih sehat. Namun, berjalan kaki saja tidak cukup. Kita juga membutuhkan pola makan yang seimbang dan sehat.

Mencegah penyakit kronis

Salah satu cara mencegah penyakit kronis adalah dengan berjalan kaki. Kita direkomendasikan berjalan kaki untuk menurunkan kadar gula darah.

Tak hanya itu, jalan kaki secara teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko stroke.

Baca Juga :  3 Cara Redakan Asam Urat Tinggi Tanpa Obat-obatan

Selain itu, jalan kaki dan olahraga ringan dapat membuat orang memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak berjalan kaki secara teratur.

Untuk mencegah penyakit, sebaiknya kita berjalan lebih jauh dari biasanya. Kami merekomendasikan berjalan setidaknya satu jam atau dua kali seminggu.

Mencegah sembelit

Jalan kaki bisa mendorong makanan pada saluran pencernaan. Ini tidak hanya melegakan perut yang begah, tetapi juga membantu kotoran keluar dari tubuh, sehingga terhindar dari sembelit.

Mengurangi resiko diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan dapat menurunkan kadar gula darah hingga 12-22 persen. Menurut Andrew Reynolds, peneliti dari University of Otago di Selandia Baru, kebiasaan ini berpotensi menurunkan risiko diabetes.

Membantu tidur nyenyak

Jika kita tidak bisa tidur nyenyak, cobalah berjalan 10-15 menit setelah makan malam. Aktivitas ini dapat membantu kita untuk tertidur dengan nyenyak, dan membuat tubuh lebih nyaman beristirahat.

Mencegah risiko osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu kondisi yang mana tulang menipis atau keropos sehingga menyebabkan tulang menjadi rapuh dan berisiko patah. Selain mengonsumsi makanan kaya vitamin D dan kalsium, menjaga kesehatan tulang tentunya dengan olahraga teratur, seperti jalan kaki.

Baca Juga :  Cara Ampuh Singkirkan Bau Mulut Secara Permanen

Meningkatkan daya ingat

Kurangnya ingatan seseorang mungkin merupakan tanda demensia. Untuk meningkatkan daya ingat dan mencegah demensia, jalan kaki secara teratur setiap hari dapat membantu kita meningkatkan daya ingat. Tentunya selain rutin berjalan kaki, penderita juga harus melatih otaknya secara rutin untuk memulihkan kesehatan ingatannya.