fbpx
Ketahui Berbagai Jenis Gangguan Tidur Yang Jamak Terjadi
Source : freepik

Ketahui Berbagai Jenis Gangguan Tidur Yang Jamak Terjadi

Tidur malam secara cukup memang bagus untuk kesehatan dan bisa membantu untuk mengistirahatkan pikiran serta fisik. Sehingga, keesokan harinya siap untuk menghadapi segala aktivitas dengan tenaga yang pulih dan penuh.

Tapi sayangnya, ada beberapa gangguan tidur yang mengganggu di malam hari. Nah, apa saja jenis gangguan tidur tersebut? Berikut pembahasannya.

Beberapa Macam atau Jenis Gangguan Tidur

Insomnia

Gangguan tidur yang satu ini mungkin sudah sangat tidak asing terdengar di telinga banyak orang. Bahkan cukup banyak yang mengalami gangguan tidur ini. Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur yang mana kondisi ini terjadi saat seseorang sulit untuk mulai ataupun mempertahankan tidur.

Biasanya gangguan tidur ini lebih berisiko dialami oleh wanita dan orang tua. Penyebab dari insomnia sendiri cukup beragam, diantaranya gangguan pencernaan, hormon hingga stress.

Gangguan tidur ini juga bisa mempengaruhi kualitas hidup dan berpotensi menyebabkan kondisi-kondisi seperti sulit berkonsentrasi, depresi, bertambahnya berat badan, cepat marah, hingga masalah pekerjaan.

Baca Juga :  Penting! Berikut Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Untuk mengatasi insomnia bisa dengan tidur di jam yang sama pada setiap harinya, mematikan lampu kamar serta menghindari mengonsumsi kopi saat akan tidur.

Parasomnia

Pernah mendengar tentang orang yang tidur sambil berjalan? Nah, itu adalah salah satu gejala dari parasomnia. Gangguan tidur ini merupakan gangguan yang menyebabkan penderitanya melakukan gerakan maupun berperilaku dengan tidak normal ketika tidur.

Selain tidur berjalan, gerakan serta perilaku yang tidak normal itu bisa seperti mimpi buruk, mengigau, mengompol, mengeluarkan rintihan, mengatupkan rahang, dan menggeretakkan gigi.

Sleep Apnea

Cukup banyak orang yang mendengkur ketika tidur. Gangguan tidur ini memang dianggap sepele atau bukan masalah besar, namun tetaplah itu adalah gangguan tidur. Namun, yang lebih serius dari gangguan tidur mendengkur adalah sleep apnea.

Gangguan ini adalah kondisi kesehatan yang cukup serius. Pasalnya, mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan oksigen serta membuat kita terjaga saat malam. Ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk mengatasi gangguan tidur yang satu ini, misalnya dengan menggunakan masker oksigen dengan tekanan yang khusus.

Baca Juga :  Kencing Batu: Gejala dan Cara Tepat Mengatasinya

RLS (Restless Leg Syndrome)

Jenis gangguan tidur yang lainnya adalah RLS atau Restless Leg Syndrome yang merupakan kondisi saat adanya dorongan yang kuat untuk membuat kaki bergerak. Hal ini sering muncul pada saat tidur malam.

Gangguan tidur ini sering dikaitkan pada kondisi kesehatan yang tertentu seperti Parkinson dan ADHD. Tapi, penyebabnya belum diketahui dengan pasti. Bila mengalami gangguan tidur ini, segera konsultasikan dengan dokter agar cepat ditangani. Biasanya obat yang diindikasikan dokter adalah yang membuat otot menjadi lebih rileks.

Sleep Paralysis (Kelumpuhan Tidur)

Gangguan tidur ini sering kali dikaitkan dengan hal-hal mistis atau disebut ketindihan oleh banyak orang Indonesia. Sleep paralysis di dalam istilah medis adalah kelumpuhan tidur.

Gangguan tidur ini ditandai dengan ketidakmampuan untuk bergerak dan beralih dari tidur ke bangun yang sementara.

Kondisi yang satu ini memang cukup menakutkan karena seseorang seperti terjaga namun tidak bisa untuk bergerak.

Nah, itulah macam atau jenis gangguan tidur yang memang sebaiknya diketahui. Hal itu agar mengetahui bagaimana cara menanganinya. Cara penanganan dari gangguan tidur sendiri bisa dibagi menjadi dua yaitu dengan perubahan dari gaya hidup serta secara medis.

Baca Juga :  Mengenal Sistem TNM dan Stadium pada Kanker

Apabila mengalami gangguan tidur, sebaiknya segera periksakan kondisi tersebut ke dokter. Pasalnya, jika gangguan tidur tidak ditangani, dikhawatirkan bisa memberikan dampak atau efek negatif yang menyebabkan konsekuensi kesehatan yang lebih jauh. Maka dari itu, jangan abaikan masalah gangguan tidur.