Ketahui 5 Cara Efektif Membakar Lemak Selain Olahraga

Ketahui 5 Cara Efektif Membakar Lemak Selain Olahraga

Membakar lemak adalah salah satu kunci untuk menurunkan berat badan. Secara umum, olahraga adalah cara yang efektif untuk membakar lemak.

Penumpukan lemak tidak hanya akan memengaruhi penampilan, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan. Disebutkan bahwa terlalu banyak lemak dan berat badan dapat menyebabkan diabetes tipe 2, penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.

Selain berolahraga, anda juga bisa mencoba cara membakar lemak berikut ini lho:

1. Tingkatkan asupan protein

Jika anda tidak punya cukup waktu untuk berolahraga tetapi ingin menurunkan berat badan, cobalah makan makanan berprotein tinggi secara teratur. Bukan tanpa alasan, protein dikatakan membantu mengoptimalkan proses pembakaran lemak.

Sebuah penelitian pada tahun 2009 menunjukkan bahwa asupan protein yang besar dapat meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh sehingga memberikan efek pembakaran lemak yang baik. Ini karena kalori dari lemak dikonsumsi dalam pencernaan.

Baca Juga :  Ketahui Jenis-Jenis Diabetes dan Cara Mencegahnya

Protein adalah nutrisi yang mudah ditemukan dalam makanan seperti almond, dada ayam, daging sapi, yogurt, susu, brokoli dan kacang-kacangan. Jika anda pecinta makanan laut, protein juga mudah didapat dari hampir semua makanan laut, termasuk ikan tuna dan udang.

2. Makan lebih banyak serat

Cara membakar lemak tanpa olahraga selanjutnya adalah memperbanyak asupan serat. Serat sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Keduanya dapat membantu anda menurunkan berat badan, meskipun mekanisme kerjanya berbeda.

Serat tidak larut tidak dapat dicampur dengan air dan membantu membentuk feses dan mengeluarkannya melalui usus. Ini meminimalkan risiko sembelit yang bisa membuat perut anda terlihat kembung.

Adapun serat larut dapat dicampur dengan air untuk membentuk zat kental seperti gel, yang dapat memperlambat pencernaan. Pada saat yang sama, mekanisme ini dapat mengoptimalkan pembakaran lemak dan mencegahnya ditambahkan.

Anda bisa mendapatkan serat dari makanan seperti alpukat, apel, pisang, wortel, brokoli, kacang-kacangan dan biji-bijian.

3. Hindari makan nasi hangat

Jika anda mendinginkan nasi hingga agak keras, itu lebih baik bagi para pelaku diet daripada nasi hangat. Sebab, karbohidrat dingin cocok untuk nasi, mie instan, pasta dan berbagai karbohidrat lainnya.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Diare Saat Puasa, Perhatikan Hal Ini

Jika anda mengonsumsi karbohidrat hangat akan memudahkan tubuh menyerap makanan. Oleh karena itu, dapat langsung diserap ke dalam lemak oleh gula, yang membuat kadar gula naik lebih cepat.

Jadi, bagi yang sedang diet, dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat sebelum makan untuk mengurangi penyerapan karbohidrat.

4. Kurangi stres

Saat stres tinggi, tubuh memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol. Kortisol disebut hormon stres.

Ketika tubuh melepaskan kortisol, otak memerintahkan tubuh untuk makan lebih banyak. Jika dibiarkan, lemak akan menumpuk di bagian tengah tubuh seperti perut.

Selain olahraga, cara mengatasi stres juga bisa dengan meditasi, yoga atau jalan-jalan dengan hewan peliharaan.

5. Minum air dingin dan hangat di waktu yang tepat

Untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan upaya penurunan berat badan, dianjurkan untuk minum air dingin. Minum air dingin akan membakar lebih banyak kalori dan menstabilkan suhu pada 37 derajat celcius.

Dianjurkan untuk minum air dingin saat makan buah dan sayuran. Tetapi jika anda makan makanan berminyak, disarankan untuk minum air hangat agar lebih mudah mencerna lemak yang telah dimakan.

Baca Juga :  Penyebab Gigi Kuning Membandel & Cara Mengatasinya

Dianjurkan untuk minum minuman hangat, seperti jeruk nipis hangat, yang dapat meningkatkan pencernaan di lambung.