Jelaskan pola perilaku kelompok sosial menurut Selo Soemardjan!

SOAL

Jelaskan pola perilaku kelompok sosial menurut Selo Soemardjan!

JAWABAN

Jawaban

Jawaban yang benar adalah : Menurut Selo Soemardjan, Kelompok sosial merupakan merupakan perwujudan dari kehidupan bersama pergaulan hidup yang sangat beraneka ragam. Selanjutnya menurut Selo Soemardjan, kelompok sosial dinyatakan bahwa contoh sederhana dalam Kelompok sosial diantaranya adalah keluarga, organisasi di berbagai lapangan kehidupan baik itu dalam segi ekonomi, politik, kesenian, keagamaan, serta masyarakat-masyarakat setempat seperti ketetanggaan, desa, kota dan lain sebagainya.

PEMBAHASAN

Pembahasan

Menurut Selo Soemardjan, Kelompok sosial merupakan merupakan perwujudan dari kehidupan bersama pergaulan hidup yang sangat beraneka ragam. Selanjutnya menurut Selo Soemardjan, kelompok sosial dinyatakan bahwa contoh sederhana dalam Kelompok sosial diantaranya adalah keluarga, organisasi di berbagai lapangan kehidupan baik itu dalam segi ekonomi, politik, kesenian, keagamaan, serta masyarakat-masyarakat setempat seperti ketetanggaan, desa, kota dan lain sebagainya. Tambahan menurut Selo Soemardjan, kelompok sosial terdiri dari dua bentuk, yakni Kelompok sosial tidak teratur dan Kelompok sosial teratur.

1. Kelompok Sosial Teratur Kelompok sosial tidak teratur adalah kelompok sosial yang cenderung tidak terstruktur, terbentuk tanpa rencana, para anggota umumnya tak sadar menjadi anggota dari kelompok tersebut dan tak memiliki kaidah tertentu. Contoh kelompok sosial yang tidak teratur adalah Kerumunan atau Crowd. Kerumunan adalah suatu perkumpulan antara diri sendiri dgn orang banyak yang dapat menimbulkan sifat positif atau negatif

2. Kelompok sosial tidak teratur Yang kedua adalah Kelompok sosial teratur. Kelompok sosial ini merupakan kelompok yang sengaja dibuat serta memiliki aturan-aturan yang tegas didalamnya. Salah satu ciri-cirinya adalah memiliki program kegiatan yang terus menerus dalam pencapaian tujuan yang jelas. Dibagi atas:

a. In-group dan Out-Group.

  • Pengertian In group kelompok sosial dimana individu mengidentifikasikan dirinya sendiri.
  • pengertian Out-group dapat Dikelompokan pada individu sebagai lawan dari in group.

b. Kelompok Primer dan Kelompok Sekunder.

  • Kelompok Primer merupakan kelompok dimana para individu saling mengenal satu sama lain dan berinteraksi secara pribadi serta sifat interaksinya bersifat tatap muka Contohnya adalah karyawan dalam suatu perusahaan.
  • Kelompok Sekunder: Kelompok ini kebalikan dari kelompok primer, yang dimana hubungan sosial diantaranya tidak begitu baik atau langgeng.

c. Paguyuban dan Patembayan.

  • Paguyuban merupakan kelompok yang Ikatannya berupa ikatan batin memiliki sifat yang ilmiah dan kekal contohnya seperti hubungan antar suku atau ras.
  • patembayan: suatu hubungan kelompok yang bersifat kontraktual atau berdasarkan perjanjian. Contoh: Perjanjian suatu perusahaan.

d. Formal dan informal: perbedaan di keduanya adalah pada letak penyusunan koordinasi. Di dalam grup formal terdapat kelompok, seperti ketua, wakil, sekretaris. Kesimpulannya, grup formal memiliki koordinasi tersebut sedangkan informal tidak.

e. Membership group dan Reference Group. Membership Group merupakan adanya suatu individu secara fisik menjadi kelompok tersebut. Sedangkan di dalam Reference group, individu tidak tercatat secara fisik dalam suatu anggota atau kelompok untuk membentuk kepribadian setiap anggota yang terdaftar secara fisik. Contohnya fans klub.