fbpx

Jelaskan cara kerja mata dapat melihat benda

SOAL

Jelaskan cara kerja mata dapat melihat benda!

JAWABAN

Jawabannya yaitu proses melihat suatu benda dapat dilihat oleh mata apabila benda tersebut memantulkan cahaya. pantulan cahaya itu diterima mata melalui lensa masuk ke dalam retina, ransangan cahaya diterima oleh sel-sel reseptor kemudian diteruskan ke sarah mata (optik) dalam bentuk impuls saraf (sinyal). Selanjutnya, ransang dikirim ke pusat sarah penglihatan di otak untuk diterjemahkan. Setelah itu, barulah kita melihat benda tersebut.

PEMBAHASAN

Salah satu pancaindra manusia yang paling sering digunakan adalah mata. Indra ini berperan untuk memberi penglihatan, sehingga bisa mengetahui barang-barang dan kondisi di sekitar kita.

Proses melihat suatu benda dapat dilihat oleh mata apabila benda tersebut memantulkan cahaya. pantulan cahaya itu diterima mata melalui lensa masuk ke dalam retina, ransangan cahaya diterima oleh sel-sel reseptor kemudian diteruskan ke sarah mata (optik) dalam bentuk impuls saraf (sinyal).

Selanjutnya, ransang dikirim ke pusat sarah penglihatan di otak untuk diterjemahkan. Setelah itu, barulah kita melihat benda tersebut.

Mata terdiri dari otot mata, bola mata dan saraf mata serta alat tambahan mata yaitu alis, kelopak mata, dan bulu mata.

Selain bisa melihat, ada beberapa fungsi utama lainnya seperti melihat, bergerak, berkedip, menangis, dan melindungi.

Jadi, proses melihat suatu benda dapat dilihat oleh mata apabila benda tersebut memantulkan cahaya. pantulan cahaya itu diterima mata melalui lensa masuk ke dalam retina, ransangan cahaya diterima oleh sel-sel reseptor kemudian diteruskan ke sarah mata (optik) dalam bentuk impuls saraf (sinyal). Selanjutnya, ransang dikirim ke pusat sarah penglihatan di otak untuk diterjemahkan. Setelah itu, barulah kita melihat benda tersebut.