Jabarkan mengenai peran Sri Sultan Hamengkubuwono IX dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia!

SOAL

Jabarkan mengenai peran Sri Sultan Hamengkubuwono IX dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia!

JAWABAN

Jawaban yang benar adalah:

  1. Sultan Hamengku Buwono IX menyatakan bahwa Kesultanan Yogyakarta berada di dalam naungan NKRI sesaat setelah Proklamasi Kemerdekaan RI, hal ini menimbulkan semangat perjuangan dan rasa optimis dari kalangan rakyat dan pemimpin bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan RI.
  2. Pada masa Agresi Militer Belanda I, saat Ibu Kota RI di Jakarta tidak lagi aman untuk menjalankan roda pemerintahan, maka Sultan Hamengku Buwono IX menyediakan Yogyakarta sebagai Ibu Kota Republik Indonesia pada tahun 1946
  3. Sultan Hamengku Buwono IX banyak menyumbangkan bantuan moril dan materil untuk keperluan jalannya roda pemerintahan seperti bantuan kepada para pegawai negeri dan para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan RI.
  4. Sultan Hamengku Buwono IX berperan sebagai inisiator dalam Serangan Umum 1 Maret 1949.
  5. Sultan Hamengku Buwono IX adalah sosok pemimpin yang diakui kredibilitasnya dalam diplomasi dan penghubung antara Pemerintah RI dan Kerajaan Belanda pada saat pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda 1949.

PEMBAHASAN

Batas wilayah Indonesia mencakup batas daratan Indonesia dan batas laut Indonesia. Terdapat beberapa negara tetangga yang berbatasan dengan Indonesia.Batas daratan Indonesia bagian utara berbatasan langsung dengan negara Malaysia, tepatnya di Pulau Kalimantan (Borneo).

Perbatasan darat di Utara Kalimantan utara melintasi selat antara Sebatik dan daratan, yang membentang di sepanjang garis tengah Tambu dan Sikapal hingga ke bukit-bukit yang membentuk daerah aliran sungai Simengaris (di Indonesia) dan Serudung (di Malaysia).

Perbatasan ini pada umumnya membentang ke arah baratlaut menuju 4° 20’LU, kemudian mengikuti garis pegunungan di sepanjang daerah aliran sungai yang mengalir menuju Laut Cina Selatan, Laut Jawa, dan Selat Karimata, dan berakhir di Tanjung Datu pada koordinat 109° 38′.8 BT 02° 05′.0 LU di ujung barat Sarawak.