Ini Lho 5 Penyebab Umum Daun Tanaman Menguning

Ini Lho 5 Penyebab Umum Daun Tanaman Menguning

Saat merawat berbagai jenis tanaman hias, selalu ada masalah yang harus siap dihadapi, salah satunya adalah daun tanaman yang menguning.

Menguningnya daun tanaman adalah penyakit yang bisa merusak penampilan tanaman dan mempengaruhi kesehatan tanaman.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan daun tanaman menguning.

Untuk lebih jelasnya, simak lima faktor penyebab daun tanaman menguning di bawah ini.

Penuaan normal

Seiring bertambahnya usia tanaman, banyak jenis tanaman biasanya akan kehilangan daunnya ketika sudah tua, dan dedaunan yang tua akan menguning, layu dan rontok. Ini hanyalah bagian normal dari pertumbuhan tanaman hias.

Tak perlu khawatir! Jika kita menemukan bahwa tanaman itu tumbuh terlalu panjang atau terlalu tinggi, jangan ragu untuk memangkas batang utama untuk mendorong pertumbuhan dan semak baru.

Stres kelembapan

Overwatering adalah penyebab paling umum tanaman menguning. Periksa apakah tanahnya basah atau kering sebelum disiram lagi untuk mencegah daun menguning.

Baca Juga :  Mengenal 5 Penyakit Kronis Kucing Beserta Gejalanya

Namun, jika tanaman tidak mendapatkan cukup air, daun akan mulai berguguran untuk mencegah transpirasi. Sebelum itu terjadi, daun biasanya menguning terlebih dahulu. Oleh karenya, segera buat jadwal penyiraman yang tepat untuk mencegah daun menguning.

Kurang cahaya

Tanaman yang menerima terlalu sedikit cahaya akan mulai menguning di bagian bawahnya sebelum gugur.

Tanaman yang menguning karena kekurangan cahaya biasanya menguning di sisi yang jauh dari sumber cahaya.

Kurang nutrisi

Tanaman juga membutuhkan nutrisi untuk terus berkembang.  Tanaman membutuhkan zat besi untuk berkembang dengan baik. Oleh karenanya, jika tanaman kekurangan zat besi, daunnya akan menguning.

Harap pastikan bahwa unsur hara makro dan mikro di dalam tanah tetap stabil dan terjaga. Kita dapat memberikan pupuk tanaman untuk memenuhi nutrisinya.

Butuh lebih banyak air

Ternyata daun tanaman akan menguning karena akarnya membutuhkan banyak air. Mungkin kita terlalu sedikit menyiram dan tidak menyentuh akar tanaman. Sehingga akar mengering dan berujung pada daun yang menguning.

Kita dapat mengatasi masalah ini dengan menyiram secara teratur untuk menjaga kelembaban tanah. Selain itu, kita bisa merendam bagian bawah pot dengan baskom berisi air.

Baca Juga :  Inilah 6 Bunga yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Rendam selama 30 menit agar air meresap ke akar. Lakukan cara ini sebulan sekali agar akar tetap sehat dan tidak lagi kekurangan air.