fbpx
Ide Memulai Bisnis Online, Jual Barang Asal Luar Negeri
Source : freepik

Ide Memulai Bisnis Online, Jual Barang Asal Luar Negeri

Memulai bisnis online adalah impian banyak orang. Namun ada kalanya seseorang merasa bingung akan memulai bisnis di bidang apa. Memulai bisnis online dengan berjualan barang mulai makanan, baju, hingga barang-barang unik sudah ada dan tentu saja banyak saingan harga.

Bisnis impor merupakan hal yang masih sedikit peminatnya. Impor barang bisa berasal dari negara manapun. Akan tetapi impor barang dari China menjadi sasaran manis dengan harga yang cenderung rendah dan dapat dipasarkan kembali dengan harga yang jauh lebih mahal.

Mengawali Bisnis Impor dengan Cermat

Kegiatan impor yang praktis adalah dengan memanfaatkan media online. Namun tentu saja harus berhati-hati dalam memilih penjual barang impor yang berada jauh di luar negeri. Kualitas barang tentu juga menjadi prioritas karena barang akan kembali diperdagangkan.

Baca Juga :  Berbagai Cara Cepat Menghasilkan Uang di Era Milenial

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengawali bisnis impor agar tidak merugi.

Memilih barang yang akan dijual

Menentukan barang yang akan dijual tidak hanya berdasarkan kemauan sendiri saja. Lihatlah barang apa yang kira-kira memiliki banyak peminat di Indonesia. Pikirkan juga tentang persaingan dengan pedagang yang sudah ada.

Tentukan sasaran calon pelanggan dengan memilih kemampuan daya beli. Melakukan impor barang yang sama dengan pihak yang memiliki banyak pelanggan tentu bisa menjadi pilihan. Namun bisa juga memilih barang yang memang belum banyak penjualnya namun unik dan berkesempatan memiliki banyak peminat.

Memilih penjual barang terbaik

Pertimbangkan harga barang dari penjual di luar negeri saat memulai bisnis impor. Lakukan riset pada platform online shop luar negeri untuk mengetahui penawaran harga yang wajar. Kemudian bisa memilih barang mana yang memiliki harga cocok.

Selain itu pilih juga penjual yang terpercaya. Pastikan barang memiliki kualitas baik. Selain itu pengemasan barang harus bisa menjamin agar barang tetap dalam keadaan baik selama melalui proses impor sampai ke alamat yang dituju.

Baca Juga :  Beberapa Bisnis Kuliner Modal Kecil yang Bisa Dicoba

Memilih barang dengan resiko rendah

Agar bisnis impor tidak merugikan lebih baik memilih produk yang tidak berbahaya. Untuk produk tertentu bisa saja memberi efek buruk terhadap kesehatan terutama tanpa ijin BPOM. Selain itu pilih produk yang tahan banting agar tidak rusak saat perjalanan.

Cara Mendapatkan Supplier Produk Impor

Dalam menjalankan bisnis impor barang tentu harus mendapatkan penjual yang terpercaya dari luar negeri. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk bisa bekerja sama dengan supplier dari luar negeri tersebut.

Pergi ke tempat pedagang secara langsung

Jika memiliki waktu luang atau sedang pergi ke luar negeri, bisa sekaligus berkunjung ke tempat produsen atau penjual barang. Pada pusat grosir akan ada banyak barang dengan berbagai harga.

Di sana bisa dengan leluasa memilih jenis barang. Dengan bertemu langsung dengan pedagang tentu bisa melakukan penawaran akan produk yang diinginkan. Pedagang biasanya mengetahui prosedur dalam melakukan impor barang.

Mencari di marketplace

Pemilik bisnis impor bisa memanfaatkan marketplace terkenal untuk mengimpor barang. Marketplace dengan peminat yang lebih banyak tentu lebih bisa dipercaya. Namun tetap harus berhati-hati dalam memilih.

Baca Juga :  Langkah - Langkah & Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias

Pemesanan barang impor pada dasarnya sama dengan marketplace pada umumnya di Indonesia. Akan ada langkah-langkah yang harus diikuti. Di sini ada kemungkinan untuk bernegosiasi mengenai jumlah minimal pembelian, harga barang impor, ongkos kirim dan lain-lain.

Bergabung dengan komunitas importir

Komunitas importir tentu memiliki banyak anggota yang juga merupakan pelaku bisnis impor. Di sini seseorang bisa dengan mudah mencari ilmu untuk memperlancar bisnisnya. Serta bisa mencari informasi tentang supplier barang-barang impor yang terbaik.