Hal - Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mining Bitcoin

Hal – Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Mining Bitcoin

Dalam cryptocurrency, masyarakat sering mendengar istilah penambang (miner) dan aktivitas menambang (mining). Penambang adalah pencari dan pengumpul mata uang digital kripto.

Sementara aktivitas menambang atau mining bitcoin adalah proses pencarian mata uang digital. Pencarian ini menggunakan peralatan komputer untuk memecahkan masalah matematika yang kompleks.

Banyak orang dari seluruh dunia menggunakan komputer super canggih yang terhubung ke internet untuk melakukan proses penambangan. Oleh karena itu, proses ini sering diibaratkan dengan menambang emas.

Dalam proses penambangan, kita akan bersaing dengan penambang lainnya. Oleh karena itu, cara kerja penambangan juga melibatkan dan membutuhkan spesifikasi komputer khusus yang harus disiapkan.

Cara kerja mining Bitcoin

Lain halnya dengan perusahaan perbankan yang mencatat semua transaksi keuangan, pada Bitcoin tidak ditemukan pihak yang mencatat semua transaksi keuangan.

Sementara itu, ada banyak transaksi Bitcoin. Transaksi itu kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok, blockchain untuk diverifikasi oleh penambang Bitcoin.

Baca Juga :  Pengin Investasi Kripto? Simak Tips Amannya di Sini!

Setelah diverifikasi, mereka akan dikelompokkan ke dalam blockchain terverifikasi.

Untuk dapat melakukan kegiatan penambangan, komputer dengan spesifikasi khusus mutlak diperlukan.

Kita tidak mungkin menggunakan komputer rumahan untuk mining Bitcoin. Kita memerlukan komputer khusus dan internet yang kuat dan stabil untuk melakukan operasi ini.

Kebutuhan untuk mining Bitcoin

Sebelum memulai proses mining Bitcoin, tiga hal ini diperlukan:

  1. Komputer berdaya tinggi
  2. Koneksi internet cepat
  3. Konsumsi listrik yang besar

Untuk memulai mining Bitcoin, Kita memerlukan komputer dan perangkat keras yang ‘didedikasikan khusus’ untuk kegiatan mining Bitcoin. Umumnya, perangkat keras yang digunakan untuk mining Bitcoin menggunakan ASIC (Application Specific Integrated Circuit). Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli ASIC, yaitu:

  • Harga
  • Hash rate (semakin tinggi hash rate, semakin cepat ASIC)
  • Kebutuhan listrik (semakin tinggi angkanya, semakin tinggi biaya listrik yang dikonsumsi)

Mengapa dibutuhkan begitu banyak listrik untuk kegiatan mining Bitcoin ini? Karena pasar kripto sendiri terjadi kapan saja dan tidak ada hari libur.

Bayangkan jika kita menjalankan komputer biasa 24 jam sehari, tentunya akan banyak memakan listrik, bukan? Apalagi menggunakan hardware khusus untuk mining Bitcoin. Misalnya, kekuatan mesin penambangan DragonMint T1 adalah 1600W. Kalikan dengan 100, itulah tagihan listrik yang harus dibayar tiap bulan.

Baca Juga :  Pengin Investasi Kripto? Simak Tips Amannya di Sini!

Selain perangkat keras, kita juga memerlukan perangkat lunak untuk mining Bitcoin. Ada beberapa software mining Bitcoin populer yang mendukung penggunaan ASIC, yaitu:

  1. Bitcoin miner
  2. BTC miner
  3. Easy miner
  4. CG miner
  5. BFG miner