fbpx

Fenomena berikut yang menunjukkan adanya variasi pada makhluk hidup adalah….

SOAL

Fenomena berikut yang menunjukkan adanya variasi pada makhluk hidup adalah….

a.buah polong pada kacang ada yang berbiji 2 dan ada yang berbiji 3

b. padi berakar serabut dan kacang berakar tunggang

c. batang tomat bercabang sedangkan batang jagung tidak bercabang

d. kaktus dan cocor bebek berdaun tebal

JAWABAN

Jawabannya adalah a. Buah polong pada kacanh ada yang berbiji 2 dan ada yang berbiji 3

PEMBAHASAN

Keanekaragaman Makhluk Hidup adalah keseluruhan variasi berupa bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang dapat ditemukan pada makhluk hidup.

Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya keanekaragaman makhluk hidup adalah :

  1. Mutasi adalah peristiwa perubahan yang disebabkan oleh faktor internal seperti materi genetik atau faktor lingkungan, seperti radiasi dan suhu.
  2. Rekombinasi adalah proses atau peristiwa yang berakibat terbentuknya kombinasi gen baru pada kromosom. Individu baru dari reproduksi seksual akan memiliki faktor keturunan dari kedua induknya.

Tingkatan Keanekaragaman Makhluk Hidup dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

  1. Keanekaragaman Gen.
    Keanekaragaman genetik adalah jumlah total dari variasi atau jumlah perbedaan variasi gen dari satu spesies makhluk hidup baik itu hewan, tumbuhan dan juga manusia.
    Contohnya : variasi jenis kelapa : kelapa gading, kelapa hijau, kelapa kopyor variasi jenis padi : Rojolele, Sedani, Barito, Delangu, Bumiayu, dan sebagainya
  2. Keanekaragaman Jenis.
    Keanekaragaman tingkat jenis yaitu menunjukkan adanya variasi bentuk, penampakan dan frekuensi gen, ekosistem yang kita miliki sangat beraneka ragam sehingga jenis makhluk hidup yag ada pun sangat beraneka ragam pula. Keanekaragaman hayati tingkat jenis menunjukkan keanekaragaman atau variasi yang terdapat pada berbagai jenis atau spesies makhluk hidup dalam genus yang sama atau familia yang sama. Pada berbagai spesies tersebut terdapat perbedaan-perbedaan sifat.
    Contoh keanekaragaman tingkat jenis : famili Fellidae : kucing, harimau, singa famili Palmae : kelapa, aren, palem, siwalan, lontar famili Papilionaceae : kacang tanah, kacang buncis, kacang panjang, kacang kapri familia graminae : rumput teki, padi, jagung
  3. Keanekaragaman Ekosistem.
    Setiap ekosistem memiliki ciri-ciri lingkungan fisik, lingkungan kimia, tipe vegetasi/tumbuhan, dan tipe hewan yang spesifik. Kondisi lingkungan makhluk hidup ini sangat beragam. Kondisi lingkungan yang beragam tersebut menyebabkan jenis makhluk hidup yang menempatinya beragam pula. Keanekaragaman seperti ini disebut sebagai keanekaragaman tingkat ekosistem.
    Contoh keanekaragaman ekosistem : hutan hujan tropis slalu hujan sepanjang tahun. keanekaragaman pada hutan hujan tropis dan keanekaragaman pada gurun pasir.

Dengan demikian, fenomena berikut yang menunjukkan adanya variasi pada makhluk hidup adalah a. buah polong pada kacang ada yang berbiji 2 dan ada yang berbiji 3. Karena merupakan keanekaragaman tingkat gen, yaitu variasi susunan gen pada satu spesies atau jenis. Dimana, keanekaragaman gen dalam satu spesies makhluk hidup yang menimbulkan variasi disebut varietas.