fbpx

Contoh Soal Sejarah SMA : Sejarah Kemerdekaan

SOAL

Peristiwa Rengasdengklok terjadi setelah adanya perbedaan antara Soekarno dan Hatta dengan para golongan pemuda mengenai waktu pelaksanaan proklamasi. Maksud para pemuda menculik Soekarno dan Hatta yang diungsikan ke Rengasdengklok adalah…

JAWABAN

Jawaban

Jawaban yang benar adalah Maksud para pemuda menculik Soekarno dan Hatta yang diungsikan ke Rengasdengklok adalah agar Soekarno dan Hatta dapat dijauhkan dari pengaruh Jepang sehingga Proklamasi kemerdekaan bisa cepat dilaksanakan.

PEMBAHASAN

Pembahasan

Peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia diawali dengan peristiwa penculikan tokoh proklamator yaitu Soekarno dan Hatta pada tanggal 16 Agustus 1945 dini hari ke Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

 

Latar belakang penculikan tersebut adalah adanya pertentangan antara golongan tua dan muda mengenai kapan dan bagaimana proklamasi akan dilaksanakan. Pada dini hari tanggal 16 Agustus 1945, golongan muda diantaranya Sukarni, Wikana, khairul Saleh dkk menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Penculikan ini dilakukan atas kekecewaan golongan muda kepada pihak golongan tua, tujuan dari golongan muda menculik Soekarno dan Hatta adalah agar menjauhkan mereka dari pengaruh Jepang dan selanjutnya segera mempersiapkan kemerdekaan.

 

Dengan demikian, Maksud para pemuda menculik Soekarno dan Hatta yang diungsikan ke Rengasdengklok adalah agar Soekarno dan Hatta dapat dijauhkan dari pengaruh Jepang sehingga Proklamasi kemerdekaan bisa cepat dilaksanakan.