Contoh Soal Sejarah SMA : Perang Dingin

SOAL

Persaingan antara blok Barat dan blok Timur setelah Perang Dunia II telah melahirkan Perang Dingin. Dalam suasana Perang Dingin muncul gagasan bagi negara-negara berkembang untuk…

JAWABAN

Jawaban

Jawaban yang benar adalah Dalam masa Perang Dingin muncul gagasan bagi negara-negara berkembang untuk membuat Gerakan Non-Blok.

PEMBAHASAN

Pembahasan

Pada masa Perang Dingin, dimana negara-negara Asia-Afrika yang baru saja merdeka tidak ingin berpihak pada percaturan politik Blok Barat atau Blok Timur.

Gerakan Non-Blok sendiri bermula dari sebuah Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika sebuah konferensi yang diadakan di Bandung, Indonesia, pada tahun 1955 yang dihadiri oleh para pemimpin negara dari 29 negara berkembang di Asia dan Afrika. Di sana, negara-negara yang tidak berpihak pada blok tertentu mendeklarasikan keinginan mereka untuk tidak terlibat dalam konfrontasi ideologi Barat-Timur.

Pendiri dari gerakan ini adalah lima pemimpin dunia: Josip Broz Tito presiden Yugoslavia, Soekarno presiden Indonesia, Gamal Abdul Nasser presiden Mesir, Pandit Jawaharlal Nehru perdana menteri India, dan Kwame Nkrumah dari Ghana.

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan tasawuf?

Dengan demikian, Dalam masa Perang Dingin muncul gagasan bagi negara-negara berkembang untuk membuat Gerakan Non-Blok.