fbpx

Contoh perilaku menyimpang pada remaja dan cara mengatasinya?

SOAL

Contoh perilaku menyimpang pada remaja dan cara mengatasinya?

JAWABAN

Jawaban yang benar adalah kejahatan seksual, tawuran, atau perkelahian dapat diatasi dengan membangun komunikasi yang baik dengan anak, menanamkan rasa tanggung jawab, dan memberikan sosialisasi akan bahaya dari perbuatan yang menyimpang.

PEMBAHASAN

Perilaku menyimpang merupakan semua tindakan yang melanggar aturan nilai-nilai dan norma sosial di masyarakat. Penyebab seseorang berperilaku menyimpang bisa jadi karena kurangnya pengawasan dan pengendalian dari pihak keluarga. Selain itu, lingkungan tempat tinggal yang kurang baik juga turut mempengaruhi seseorang berperilaku menyimpang, apalagi remaja. Tindakan menyimpang yang dilakukan remaja seperti tawuran, kejahatan seksual, perkelahian, dan merampok. Untuk mengatasi atau meminilasir terjadinya tindakan menyimpang oleh remaja bisa dilakukan beberapa hal berikut:

 

1. Membangun hubungan yang baik dengan anak.

Komunikasi baik antara orang tua dan anak disinyalir dapat membantu kepercayaan diri anak terhadap orang tua semakin kuat. Dengan begitu, anak-anak atau remaja akan berpikir dua kali ketika hendak berperilaku menyimpang karena mereka memahami bahwa hal tersebut tidaklah benar.

 

2. Ajarkan sikap tanggung jawab.

Orang tua perlu menanamkan rasa siap bertanggung jawab dalam diri anak. Agar anak dapat memahami bahwa segala tindakannya memiliki konsekuensi yang harus dihadapi dan diselesaikan.

 

3. Sosialisasi tentang bahaya perilaku menyimpang.

Keluarga harus dapat mensosialisasikan fakta-fakta ketika seorang anak berperilaku menyimpang dapat merugikan diri sendiri. Dengan demikian, timbul rasa takut dalam diri anak untuk berbuat menyimpang.

 

Berdasarkan penjelasan tersebut, beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir perilaku menyimpang remaja seperti kejahatan seksual, tawuran, atau perkelahian adalah dengan membangun komunikasi yang baik dengan anak, menanamkan rasa tanggung jawab pada anak, dan mensosialisasikan tentang bahaya atau dampak dari perilaku menyimpang.