fbpx
Cek Nama Penerima Bantuan Dana Sosial, Cair Bulan Ini

Cek Nama Penerima Bantuan Dana Sosial, Klik Di Sini

Di bawah ini adalah informasi mengenai penerima bantuan dana sosial yang sedang dibayarkan pemerintah, dan masyarakat dapat melihat nama masing-masing pada link yang diberikan di akhir artikel.

Penyaluran program bantuan dana sosial merupakan salah satu program yang diharapkan oleh masyarakat yang membutuhkan, khususnya yang tergolong miskin atau rentan.

Mulai era pandemi, Program Bantuan Sosial Kementerian Sosial masih disalurkan kepada masyarakat yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat atau KPM di aplikasi bantuan milik kemensos.

DOWNLOAD APLIKASI CEKBANSOS

Cek Nama Penerima Lewat Hape

Bagi mereka yang memenuhi persyaratan di atas dan terdaftar sebagai penerima manfaat, mereka dapat masuk langsung ke aplikasi bantuan resmi kemensos atau website cek bansos untuk melihat nama masing-masing.

Daftar penerima bantuan dana sosial Juli 2022 yang sedang dibayarkan dapat diakses melalui aplikasi bantuan kemensos dan website cekbansos melalui metode dan link berikut ini :

  1. Unduh aplikasi bantuan resmi milik kemensos >>> [DI SINI] atau ke website cekbansos >>> [DI SINI]
  2. Isi kolom  provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa sesuai dengan KK penerima manfaat.
  3. Masukkan nama lengkap berdasarkan ID Anda.
  4. Masukkan 8 huruf dari kode unik yang muncul di kotak di layar.
  5. Ketuk Cari Data.

Jika data yang dimasukkan terdaftar sebagai KPM bantuan dana sosial BPNT atau PKH, maka akan ditampilkan pernyataan di layar.

Selain itu, detail data seperti nama lengkap, NIK KTP, jenis bantuan sosial yang diterima dan status pembayaran juga akan muncul di layar hape anda.

Bantuan Dana Sosial Yang Masih Cair

BPNT bulanan yang dialokasikan pemerintah sebesar Rp 200.000. Bantuan ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sembako seperti beras, daging, susu, telur, sayuran, buah-buahan, dll.

Pada saat yang sama, program bantuan dana sosial PKH memiliki jumlah yang berbeda tergantung pada jenis orang yang menerima program ini.

Setidaknya ada tujuh kategori penerima manfaat bantuan dana sosial PKH dengan jumlah yang bervariasi, antara lain sebagai berikut.

  • Sebanyak Rp 3 juta per tahun untuk balita atau balita berusia 0-6 tahun.
  • Kategori Ibu Hamil/Melahirkan mendapatkan total Rp3 juta per tahun.
  • Sebanyak Rp900.000 diberikan setiap tahunnya untuk kategori sekolah dasar.
  • Siswa SMP menerima total Rp1,5 juta per tahun.
  • Kategori SMA menerima total Rp2 juta per tahun.
  • Kategori senior mendapatkan total Rp2,4 juta per tahun.
  • Kategori difabel ini mendapatkan total Rp2,4 juta per tahun.

Jika suatu masyarakat ingin menerima bantuan sembako dan PKH, maka harus memenuhi banyak syarat. Selain tergolong miskin atau rentan, masyarakat juga harus memenuhi tiga syarat lainnya, yaitu sebagai berikut.

  • Tidak terdaftar sebagai Tentara Nasional Indonesia/Polri.
  • Tidak tercatat sebagai PNS atau ASN.
  • Rasakan dampak pandemi Covid-19 atau kehilangan pekerjaan karena PHK.