fbpx
Catat! Makanan Sehat Berikut Bisa Menghilangkan Stress

Catat! Makanan Sehat Berikut Bisa Menghilangkan Stress

Stress apabila dibiarkan berkepanjangan bisa menyebabkan gangguan pada imun, fungsi pencernaan, sampai sistem saraf. Maka dari itu, selain mencegah stress juga perlu untuk ditangani. Ada cukup banyak cara untuk meredakan atau menghilangkan stress, salah satunya dengan makanan.

Ada beberapa makanan yang dianggap efektif untuk menghilangkan stress. Nah, apa saja makanan tersebut? Di artikel ini akan membahas secara singkat beberapa makanan sehat penghilang stress. Mari simak!

Berbagai Macam Makanan Sehat yang Menghilangkan Stress

Sayur Daun Hijau

Makanan pertama yang bisa untuk meredakan atau menghilangkan stress adalah sayuran yang berdaun hijau atau yang kaya magnesium. Mineral tersebut penting sekali di dalam membantu meregulasi kortisol.

Selain itu, beberapa studi menunjukkan jika orang yang cenderung lebih mudah stress adalah yang mempunyai tingkat magnesium yang rendah.

Buah Alpukat

Makanan sehat penghilang stress yang kedua adalah buah alpukat. Buah ini mempunyai kemampuan dalam menurunkan tingkat stress pada seseorang.

Baca Juga :  Nutrisi Terjaga, Ini Cara Memasak Daging yang Tepat

Hal itu karena buah alpukat mengandung asam lemak omega 3, vitamin A, vitamin E dan beberapa nutrisi penting lain yang tinggi di dalamnya.

Asam lemak omega 3 sendiri mampu untuk membantu dalam menghilangkan stress, kecemasan hingga depresi dan meningkatkan suasana hati.

Biji-Bijian dan Kacang

Makanan selanjutnya yang dapat menghilangkan stress adalah biji-bijian dan kacang. Biji-bijian adalah makanan yang kaya asam lemak omega 3, vitamin, mineral dan magnesium yang penting dalam membantu menurunkan tingkat stress dengan drastis.

Sementara kacang mengandung vitamin B, seng, magnesium, serta lemak sehat yang membantu dalam mengurangi tingkat kecemasan serta stress.

Ikan

Beberapa jenis ikan yang berlemak seperti sarden, salmon, makarel, serta tuna mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, serta vitamin B12 dan vitamin B6 yang mampu untuk menurunkan tingkat dari kortisol serta mampu melawan stress. Konsumsi beberapa ikan tersebut paling tidak dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan stress.

Oatmeal

Oatmeal selain bagus untuk diet juga baik untuk menghilangkan stress. Makanan ini membantu dalam mengatur serotonin yang merupakan hormone stress.

Baca Juga :  Nutrisi Terjaga, Ini Cara Memasak Daging yang Tepat

Selain itu, oatmeal mengandung magnesium dan vitamin B yang membantu dalam meningkatkan suasana hati dan meredakan atau menghilangkan stress.

Gandum Utuh

Makanan sumber karbohidrat ini membantu tubuh dalam membuat insulin. Dimana pada gilirannya memungkinkan asam amino, tripofan untuk masuk ke dalam otak. Dengan begitu, dapat membuat diri menjadi merasa lebih tenang dan baik.

Telur

Makanan yang satu ini juga tinggi akan asam lemak omega 3, protein, kolin serta berbagai nutrisi lain yang mampu meningkatkan secara signifikan suasana hati serta menurunkan tingkat kecemasan dan stress.

Blueberry

Ada banyak macam buah yang mampu untuk menurunkan tingkat stress, salah satunya adalah blueberry. Buah ini membantu tubuh dalam memproduksi dopamin.

Dopamin sendiri merupakan senyawa kimia yang bisa melawan stress. Untuk mengonsumsi buah satu ini bisa dengan banyak cara, misalnya dijadikan topping untuk oatmeal dan lain sebagainya.

Cokelat Hitam

Cokelat ini rasanya memang tidak semanis cokelat lainnya yang dijual di minimarket atau swalayan, akan tetapi cokelat ini bisa menjadi makanan yang menghilangkan stress. Hal itu karena cokelat hitam ini mengandung antioksidan yang tinggi, yang mana mampu untuk menurunkan kadar hormon stress di dalam tubuh.

Baca Juga :  Nutrisi Terjaga, Ini Cara Memasak Daging yang Tepat

Itulah berbagai jenis makanan sehat penghilang stress. Jangan lupa untuk barengi dengan olahraga teratur agar sirkulasi oksigen meningkat, sehingga tubuh dapat untuk memproduksi endorphin lebih banyak. Endorfin merupakan hormon yang bisa membuat seseorang merasa lebih tenang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.