fbpx
Cara Reset Laptop Windows 10, Simak Panduannya!

Cara Reset Laptop Windows 10, Simak Panduannya!

Kita mungkin berencana untuk menyumbangkan laptop lama kepada anggota keluarga yang lebih membutuhkan, seperti saudara yang masih sekolah dan kini harus mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ)

Tentunya hal ini jauh lebih tepat daripada membeli laptop baru, karena mungkin terkendala dana. Namun tentunya laptop lama atau laptop bekas tidak memiliki performa secepat laptop baru.

Pengguna baru mungkin juga tidak membutuhkan sebagian besar aplikasi atau data yang terdapat di dalamnya. Jika kita harus menghapus setiap data dan aplikasi satu per satu, itu akan melelahkan dan memakan waktu.

Di laptop Windows 10, ada cara untuk melakukan reset factory, mirip dengan smartphone yang disebut “Reset PC”. Oleh karena itu, semua aplikasi bahkan data yang ada dapat terhapus seluruhnya atau sebagian. Efek ini membuat kinerja laptop terasa seperti laptop baru.

Bagaimana cara mereset laptop Windows 10? Simak panduan di bawah ini:

  • Buka menu pengaturan/Settings dari start menu mulai atau tekan Windows + I pada keyboard.
  • Pilih Update & Security.
  • Selanjutnya, klik menu Recovery, lalu klik Reset this PC dan pilih Get started.
  • Kemudian akan ada dua pilihan, pilihan pertama adalah Keep my file. Jika kita ingin menghapus aplikasi alih-alih file pribadi, pilih opsi pertama. Dan opsi kedua, jika kita ingin semua aplikasi termasuk file penting dihapus, pilih Remove everything
  • Terakhir, sistem akan menampilkan beberapa informasi tentang prosedur reset yang akan kita lakukan. Jika sudah yakin, klik tombol Reset.
  • Proses reset sedang berjalan, silahkan tunggu sampai proses selesai.
Baca Juga :  Simak! Ini Tips Bersihkan Layar Laptop yang Benar

Info penting sebelum melakukan reset

Jika kita ingin melakukan reset karena laptop Windows 10 bermasalah, maka kita harus mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, kita bisa mempertimbangkan melakukan restore poin yang mungkin saja bisa mengatasi permasalahn laptop kita.

Selanjutnya, kita juga bisa memanfaatkan fitur troubleshoot default jika cara pertama tidak berjalan maksimal. Fitur troubleshoot default sendiri telah disediakan oleh Windows 10.

Namun, jika memang kita ingin menghibahkan laptop ke saudara, sebagaimana disebutkan di atas. Langkah reset PC bisa kita lakukan dengan alasan agar performa laptop lebih lancar seperti baru lagi.