fbpx
Cara Mengubah Sertifikat Tanah dari HGB ke SHM

Cara Mengubah Sertifikat Tanah dari HGB ke SHM

Cara mengubah sertifikat tanah dari HGB menjadi SHM dapat dilakukan anda sendiri, tanpa menggunakan calo atau pihak lain.

Ya, penting untuk memahami cara mengubah sertifikat tanah dari HGB menjadi SHM, terutama bagi pemilik tanah. Pasalnya, SHM memiliki kekuatan hukum yang lebih tinggi daripada sertifikat tanah dalam bentuk HGB.

HGB adalah sertifikat tanah yang menunjukkan bahwa anda menyewakan tanah ke negara, sehingga sertifikat ini harus diperbarui dalam jangka waktu tertentu. Adapun SHM adalah sertifikat yang membuktikan kepemilikan properti, tanpa jangka waktu.

Untuk mengubah sertifikat tanah dari HGB menjadi SHM, anda harus membawa dokumen-dokumen berikut dan mengajukan permohonan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) terdekat:

  • Fotokopi KTP pemohon
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Surat kuasa (jika diwakilkan atau dikuasakan)
  • Surat persetujuan kreditur (jika ada beban hak tanggungan)
  • Fotokopi SPPT PBB setahun terakhir
  • Sertifikat HGB
  • Fotokopi IMB
  • Surat keterangan dari lurah atau kepala desa tentang perubahan sertifikat tanah dari HGB menjadi SHM.

Cara mengubah sertifikat tanah dari HGB ke SHM

Setelah melengkapi semua dokumen di atas, anda dapat datang ke kantor BPN terdekat dengan tempat tinggal anda untuk mengubah sertifikat tanah dari HGB menjadi SHM. Berikut cara mengubah sertifikat tanah dari HGB menjadi SHM:

1. Penyerahan dokumen

Pergi ke loket pelayanan dan serahkan semua dokumen persyaratan untuk mengubah sertifikat HGB menjadi SHM kepada petugas.

2. Isi formulir

Anda kemudian akan diminta untuk mengisi formulir permohonan yang harus ditandatangani dengan meterai. Ini termasuk pernyataan bahwa tanah atau properti tidak dalam sengketa dengan luas tanah yang ada, pernyataan bahwa tanah dikuasai secara fisik serta pernyataan bahwa anda tidak memiliki lebih dari lima bidang tanah untuk digunakan sebagai tempat tinggal.

3. Pembayaran

Kemudian lakukan pembayaran di loket yang disediakan. Selain biaya pendaftaran, anda juga harus membayar Pejabat Pembuat Akta Tanah atau PPAT, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), biaya survei dan pengukuran. Kemudian ada juga biaya konstatering report untuk tanah yang memiliki luas melebihi 600 meter persegi.

Seperti itulah cara mengubah sertifikat tanah dari HGB menjadi SHM. Sertifikat SHM biasanya sudah jadi dalam waktu lima hari kerja.