fbpx
Cara Mengubah Data KK dan Cetak Mandiri di Rumah

Cara Mengubah Data KK dan Cetak Mandiri di Rumah

Kartu keluarga atau KK merupakan identitas wajib bagi setiap keluarga di Indonesia. Di dalam KK terdapat data anggota keluarga secara lengkap mulai dari suami, istri dan anak yang tinggal serumah.

Data anggota keluarga ini mulai dari nama, tanggal lahir hingga status pekerjaan, sama persis dengan data yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kartu keluarga merupakan pelengkap identitas KTP yang biasanya digunakan dalam persyaratan administrasi seperti pendaftaran BPJS, pendaftaran sekolah dan lainnya.

Ketika ada data anggota keluarga yang berubah, entah terjadi penambahan karena kelahiran atau terjadi pengurangan karena anak sudah menikah, anggota keluarga meninggal, cerai, dll, maka data dalam KK ini harus segera diperbaharui.

Cara ubah data KK

Data KK dapat diubah karena tiga hal. Berikut kami jelaskan secara detail:

Penambahan anggota keluarga karena kelahiran 

  • Surat pengantar dari RT/RW setempat
  • Kartu Keluarga lama (sebelum diubah)
  • Surat keterangan kelahiran atau akta lahir calon anggota keluarga baru yang akan ditambahkan

Penambahan anggota keluarga karena menumpang 

  • Surat pengantar dari RT/RW setempat
  • Kartu Keluarga lama (sebelum diubah) atau Kartu Keluarga yang akan ditumpangi
  • Surat keterangan pindah datang (jika tidak satu daerah)
  • Untuk WNI yang baru dari luar negeri: Surat keterangan datang dari luar negeri ()
  • Untuk WNA: Paspor, izin tinggal tetap, dan surat keterangan catatan kepolisian/surat tanda lapor diri

Pengurangan anggota keluarga 

  • Surat pengantar RT/RW setempat
  • KK yang lama
  • Surat keterangan kematian (bagi yang meninggal dunia)
  • Surat keterangan pindah atau pindah datang (bagi penduduk yang pindah)
  • Surat keterangan Cerai atau Akta Cerai (bagi anggota keluarga yang baru bercerai)

Persyaratan diatas dibawa ke kantor desa setempat dengan alur sebagai berikut:

  • Meminta surat pengantar pembuatan KK baru ke RT lalu ke RW untuk meminta stempel.
  • Datang ke kantor desa setempat untuk mengisi formulir permohonan pembuatan KK baru dengan membawa persyaratan lengkap.
  • Bawa formulir dari desa yang telah diisi ke kantor kecamatan setempat untuk mengajukan proses penerbitan KK baru di sana.

Cara Mencetak KK Mandiri

  1. Kita harus mengunjungi kantor dukcapil setempat terlebih dahulu untuk mengajukan pencetakan dokumen kependudukan. Atau melalui website www.dukcapil.kemendagri.go.id dengan mengunduhnya dari Google Play Store dan aplikasi layanan kependudukan buatan kantor dukcapil masing-masing daerah.
  2. Kita akan diminta nomor handphone atau alamat email yang bisa dihubungi. Hal ini berguna untuk penerimaan data dokumen kependudukan yang akan dikirimkan oleh petugas dukcapil dalam format digital atau portable document format (PDF).
  3. Setelah pengajuan lamaran, petugas dukcapil akan memproses ajuan.
  4. Kemudian, penanggung jawab kantor Dukcapil setempat akan memverifikasi permintaan layanan kependudukan yang diproses oleh kantor Dukcapil setempat dalam bentuk pemindai kode QR melalui mekanisme tanda tangan elektronik (TTE).
  5. Kemudian, aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kependudukan (SIAK) akan mengirimkan notifikasi melalui layanan pesan singkat (SMS) dan email berupa website dukcapil dan informasi link PDF.
  6. Selain mengirimkan notifikasi dari aplikasi SIAK, kantor dukcapil setempat juga akan menyertakan nomor identifikasi pribadi (PIN) yang bisa kita gunakan sebagai kata kunci untuk membuka layanan.
  7. PIN ini adalah informasi rahasia dan tidak boleh dibagikan dengan pihak lain.
  8. Jika kita telah menerima semua dokumen dalam format PDF yang dikirim oleh pejabat dukcapil melalui email, kita dapat memeriksa ulang apakah cocok dengan data pribadi. Jika datanya masih kurang, silakan kunjungi kantor dukcapil setempat atau segera laporkan melalui website www.dukcapil.kemendagri.go.id.
  9. Jika tidak ada data lain yang perlu dilengkapi, Anda bisa langsung mencetaknya di rumah.
  10. Simpan file data digital dalam format PDF di komputer atau komputer portabel agar dapat digunakan kembali untuk mencetak dokumen untuk berbagai keperluan setiap saat.