fbpx
Cara Mengobati Kulit Kepala Kering dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Kulit Kepala Kering dengan Bahan Alami

Cara mengobati kulit kepala kering bisa dilakukan menggunakan beberapa macam bahan alami. Cara tersebut cukup efektif sehingga tidak ada salahnya untuk anda coba.

Kulit kepala kering menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Penyebabnya antara lain karena gaya hidup, kurangnya nutrisi dan faktor genetik. Akibatnya kulit menjadi lebih mudah mengelupas.

Selain itu, juga membuat anda merasa gatal sehingga mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, masalah tersebut harus diobati agar kembali nyaman ketika anda beraktivitas.

Jenis Bahan Alami Dalam Cara Mengobati Kulit Kepala Kering

Banyak orang yang memilih mengobati masalah yang satu ini menggunakan cara alami. Beberapa bahan berikut ini bisa anda manfaatkan untuk mengatasinya.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel sangat bagus untuk membasmi virus dan jamur yang menyebabkan kering dan munculnya rasa gatal. Adapun cara mengaplikasikannya yaitu dengan mengoleskan campuran cuka sari apel dan air.

Anda sebaiknya membasahi kepala terlebih dahulu, kemudian dikeringkan sebelum mengaplikasikan ramuan tersebut. Oleskan ramuan dan tunggu beberapa menit, baru setelah itu keramaslah.

Telur

Cara mengobati kulit kepala kering berikutnya menggunakan telur. Telur kaya akan protein sehingga mampu menutrisi dan mencegah kekeringan pada kulit.

Campur kuning telur sebanyak 2 buah dengan 1/8 cangkir air dan 2 sendok teh minyak zaitun. Oleskan ramuan tersebut setelah melakukan keramas.

Selanjutnya, tunggulah 15 menit baru kemudian dibilas menggunakan air hangat. Hasil akan maksimal jika diaplikasikan pada saat kondisi rambut masih lembab.

Alpukat

Alpukat juga bagus digunakan karena kaya akan vitamin E dan lemak yang baik untuk perawatan kulit. Cara mengobati kulit kepala kering dengan jus alpukat yaitu dengan mencampurnya bersama minyak zaitun dan madu.

Oleskan campuran ketiga bahan itu, kemudian tutup kepala memakai shower cap. Tunggulah selama setengah jam terlebih dahulu sebelum membilasnya dengan air hangat.

Madu

Madu bisa berfungsi sebagai pelembab alami. Pastikan anda menggunakan madu yang asli dan bukan hasil campuran. Madu bisa langsung dioleskan atau bisa dicampur dengan gliserin nabati dan minyak zaitun.

Cara mengobati kulit kepala kering yaitu dengan mengoleskan campuran madu, minyak zaitun dan gliserin nabati secara rutin. Waktu terbaik untuk memakai kondisioner tersebut adalah setelah keramas.

Jus Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi dan bersifat antiseptik sehingga bermanfaat untuk membasmi ketombe. Selain itu, ampuh mengobati kulit kepala yang gatal dan kering.

Jus lemon diaplikasikan selama 5 menit, setelah itu keramas. Perawatan seperti ini diulangi sampai rasa gatal hilang sehingga kepala menjadi terasa nyaman kembali.

Berbagai bahan di atas sangat efektif untuk mengobati kulit kepala anda yang kering. Oleh karena itu, anda harus mempraktikkan salah satu cara mengobati kulit kepala kering tersebut.