fbpx
Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan Alami

Cara mengatasi rambut rontok sangat mudah, salah satunya menggunakan berbagai macam bahan alami. Rontok bisa merusak penampilan dan mengganggu kenyamanan anda sehingga harus segera diatasi.

Banyak faktor yang menyebabkan rontok. Misalnya karena efek samping obat, stres, gangguan pada kelenjar tiroid, perubahan hormon dan kebiasaan mengepang atau mengucir rambut terlalu kencang.

Selain itu, faktor genetik dan usia juga turut berpengaruh. Pada umumnya, orang dengan usia 40 tahun ke atas lebih rawan mengalami rontok dibandingkan anak muda.

Daftar Bahan Alami sebagai Cara Mengatasi Rambut Rontok

Beberapa bahan berikut ini sangat bagus untuk membantu anda mengatasi rontok. Anda bisa mencoba untuk mengaplikasikannya agar kembali kuat dan semakin sehat.

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung mineral dan vitamin, fungsinya untuk memperbaiki jaringan yang rusak serta merangsang pertumbuhan rambut baru.

Baca Juga :  3 Cara Redakan Asam Urat Tinggi Tanpa Obat-obatan

Cara mengaplikasikannya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala seminggu 2 kali.

Daun Seledri dan Teh Hijau

Cara mengatasi rambut rontok berikutnya dengan mengoleskan air seduhan seledri dan teh ke kulit kepala minimal 2 kali dalam seminggu. Selanjutnya, anda bilas menggunakan air dingin.

Kedua bahan tersebut mengandung antioksidan, vitamin A dan B yang bisa memperkuat akar rambut. Dengan demikian, akan mengurangi rontok.

Bawang Merah dan Putih

Jus bawang merah dan putih juga bisa menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi permasalahan ini. Oleskan jus tersebut pada kepala paling sedikit seminggu 2 kali.

Minyak Zaitun

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya dengan mengusapkan minyak zaitun di kulit kepala, lalu pijat dengan lembut. Minyak zaitun kaya akan vitamin, kalsium dan zat besi yang bagus untuk kesehatan rambut.

Minyak Kelapa

Adanya kandungan asam lemak pada minyak kelapa bisa meminimalisir kehilangan protein. Minyak tersebut dapat digunakan sebelum keramas jika rambut anda berminyak. Jika jenisnya kering, bisa digunakan setelah keramas.

Baca Juga :  Latihan Keseimbangan Lansia Agar Tak Mudah Jatuh

Yogurt

Mengoleskan yogurt juga menjadi salah satu solusi terbaik. Hal ini dikarenakan yogurt kaya akan protein, vitamin D dan kalsium yang akan menutrisi sekaligus menguatkan bagian akar.

Sari Lemon

Cara mengatasi rambut rontok menggunakan sari lemon sangat efektif. Hal ini dikarenakan air perasan lemon berfungsi memelihara kesehatan kulit kepala. Anda oleskan di kulit kepala selama 15 menit sebelum keramas.

 Ginseng

Anda bisa mengkonsumsi ginseng untuk merangsang folikel dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan adanya senyawa aktif ginsenosides yang terdapat pada gingseng.

Minyak Rosemary

Minyak rosemary bisa anda gunakan untuk memijat kulit kepala. Anda akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal jika diaplikasikan lebih dari satu kali dalam seminggu.

Anda dapat mencoba mengaplikasikan berbagai macam bahan alami di atas agar rontok berkurang. Bahan-bahan tersebut sangat efektif digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok.

Pencarian Kata Kunci