fbpx
Cara Booking Online Pendakian Semeru dan Merbabu

Cara Booking Online Pendakian Semeru dan Merbabu

Ada kabar gembira bagi para pecinta alam, khususnya yang suka mendaki gunung dan sudah lama merencanakan untuk mendaki Gunung Semeru dan Gunung Merbabu. Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mengeluarkan persyaratan pendakian untuk mencegah penyebaran COVID-19, yang berarti jalur pendakian telah dibuka, tetapi hanya sebatas 130 pendaki per hari.

Kita sekarang dapat booking terlebih dahulu jalur pendakian ke Gunung Semeru dan Merbabu. Berikut cara booking pendakian Gunung Semeru dan Merbabu secara online.

Cara booking online Gunung Semeru

Kita harus booking pendakian secara online sebelum jadwal keberangkatan. Berikut cara booking Gunung Semeru secara online:

Masuk ke laman resmi

Kunjungi website bookingsemeru.bromotenggersemeru.org.

Lihat SOP-nya dulu

Mohon cek SOP pendakian sebelum melakukan pendaftaran online. Di situ dijelaskan beberapa persyaratan pendakian yang diberlakukan.

Misalnya, pendaki diperbolehkan dalam rentang usia 10-60 tahun, mereka hanya bisa pergi dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-7 orang, dan ada persyaratan dokumen tertentu.

Pilih jadwal

Pilih tanggal keberangkatan dan tanggal kembali.

Pengisian data

Isi data dengan informasi rinci. Seperti nama anggota pendakian, alamat, email dan nomor telepon.

Cek kode booking

Konfirmasi pembayaran akan dikirimkan ke email dan SMS ketua tim. Cek kode booking untuk mendapatkan nomor virtual account.

Pembayaran

Pembayaran dapat dilakukan maksimal 2 jam setelah booking online. Setelah dua jam, nomor virtual akan hangus.

Cetak lampiran

Cetak bukti pendaftaran, surat pernyataan dan daftar perlengkapan untuk dibawa saat berada di lokasi pendakian.

Cara booking online Merbabu

Booking Gunung Merbabu secara online hanya dapat dilakukan melalui aplikasi yang akan diluncurkan oleh Pengelola Gunung Merbabu pada 7 Juni 2021 mendatang. Sistem booking Merbabu berlaku untuk berbagai jalur pendakian, di antaranya Cunthle, Thekelan, Selo, Suwanting dan Wekas.

Nantinya pendaki akan dilengkapi dengan gelang chip untuk memantau pergerakan dan posisinya. Gelang ini juga dirancang untuk memantau keamanan pendaki.

Perlu kita ingat bahwa jalur pendakian Gunung Merbabu baru akan dibuka pada 14 Juni 2021. Jagan lupa untuk senantiasa mengindahkan protokol kesehatan selama melakukan pendakian.

Pencarian Kata Kunci