Cara Ampuh Singkirkan Bau Mulut Secara Permanen

Cara Ampuh Singkirkan Bau Mulut Secara Permanen

Bau mulut dapat membuat anda merasa tidak nyaman saat beraktivitas dan mengurangi rasa percaya diri. Bau mulut bisa disebabkan oleh banyak alasan.

Mulai dari makan makanan berbau menyengat seperti bawang putih, merokok, masalah mulut kering, masalah kesehatan seperti amandel dan sinus, minum obat dan lainnya.

Ada banyak cara untuk mengatasi bau mulut setiap hari secara permanen. Berikut di antaranya:

1. Bersihkan gigi secara teratur

Membersihkan gigi secara teratur merupakan langkah sederhana namun efektif untuk menghilangkan dan mencegah bau mulut. Sikatlah gigi minimal dua kali sehari atau setelah makan.

Apakah anda salah satu penyuka petai dan jengkol? Keduanya memiliki aroma yang tidak sedap, bukan? Salah satu cara cepat menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol dan petai adalah dengan menyikat gigi.

Jangan lupa untuk memilih sikat gigi dengan bulu lembut dan pasta gigi ber-fluoride.

Baca Juga :  Ketahui Ini Fungsi dan Cara Merawat Bulu Kemaluan

Anda juga bisa menggunakan benang gigi atau flossing untuk membersihkan sela-sela gigi. Benang gigi dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi.

Jika dilakukan secara rutin dengan cara yang benar, flossing bisa menjadi cara yang bisa diandalkan untuk menghilangkan bau mulut. Hindari menggosok atau menarik benang terlalu keras karena dapat melukai gusi anda.

2. Banyak minum air

Seperti yang disebutkan di atas, bau mulut bisa disebabkan oleh mulut kering. Adapun salah satu cara menyingkirkan bau bulut dan masalah mulut kering adalah minum banyak air.

Terpenuhinya asupan cairan dapat meningkatkan produksi air liur yang mencegah bakteri penyebab bau mulut berkembang biak di dalam mulut.

3. Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut

Ada banyak makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Misalnya, jengkol, petai, durian, bawang putih dan lainnya.

Pada prinsipnya, semua makanan yang anda makan akan memengaruhi bau mulut dan napas anda. Pasalnya, senyawa dalam makanan tersebut yang menyebabkan bau mulut bisa bertahan lama.

Baca Juga :  5 Mitos Tentang Kesehatan Mata yang Perlu Diluruskan

Senyawa itu juga masuk ke dalam darah dan paru-paru, dan menghasilkan bau yang tidak sedap saat anda membuka mulut.

Jadi, pilihlah menu makanan harian anda dengan bijak. Ini merupakan terbaik mengatasi masalah bau mulut.

4. Berhenti merokok

Bau mulut perokok mungkin disebabkan oleh asap rokok dan bahan kimia dalam rokok. Bahan kimia ini meningkatkan peradangan dan infeksi pada gigi dan gusi.

Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan mulut kering. Oleh karenanya, hindari kebiasaan buruk itu sesegera mungkin.

5. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet bisa merangsang produksi air liur. Produksi air liur tersebut dapat mencegah mulut kering.

Air liur adalah pembersih mulut alami yang bekerja dengan cara ‘membilas’ sisa makanan dan bakteri penyebab bau mulut. Agar tidak terlalu merusak gigi, pilihlah permen karet yang bebas gula.