Beberapa Bisnis Kuliner Modal Kecil yang Bisa Dicoba

Beberapa Bisnis Kuliner Modal Kecil yang Bisa Dicoba

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang sangat menjanjikan dan tidak ada matinya. Hal itu karena seperti yang diketahui bahwa setiap orang pasti butuh makan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar agar bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya itu, banyaknya orang sibuk yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengolah makanan sendiri, membuat bisnis kuliner semakin berkembang pesat.

Sekarang ini, ada sangat banyak makanan yang bisa dijadikan produk bisnis. Mulai dari makanan ringan, makanan berat, makanan kekinian, hingga makanan sehat bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan. Namun dalam memulai bisnis, salah satu hal yang pastinya selalu dipikirkan bahkan sampai dipusingkan adalah mengenai modal.

Kebanyakan orang masih berpikir bila memulai sebuah bisnis harus mempunyai modal yang besar. Padahal kenyataannya tidak selalu seperti itu, saat ini bahkan banyak macam bisnis kuliner dengan modal kecil.

Dengan begitu, bagi yang ingin mulai bisnis kuliner, namun modal yang dimiliki tidak terlalu banyak pun tetap bisa mulai berbisnis.

Baca Juga :  Ide Memulai Bisnis Online, Jual Barang Asal Luar Negeri

Lalu apa saja bisnis kuliner dengan modal kecil tersebut? Jika ingin mengetahuinya, bisa simak pembahasannya di bawah ini!

Macam-Macam Bisnis Kuliner Bermodal Kecil

Angkringan 

Salah satu macam bisnis kuliner dengan modal kecil yang cukup menjadi favorit adalah angkringan. Tempat makan yang satu ini umumnya menyediakan berbagai makanan khas seperti nasi kucing, tahu, tempe, sate usus, telur, dan kerang.

bisnis angkringan
bisnis angkringan (Source : shutterstock)

Lalu untuk minumannya biasanya seperti susu jahe, teh ataupun kopi. Konsep dari bisnis kuliner angkringan ini adalah makanan dengan porsi yang kecil dan buka pada saat malam hari yang mana menargetkan orang-orang yang pulang dari bekerja.

Memulai bisnis ini hanya perlu memikirkan mengenai modal untuk bahan baku makanan saja. Namun, jika tidak mempunyai tempat usaha dan harus menyewa, biaya untuk sewa juga harus dipikirkan.

Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang disukai oleh banyak masyarakat Indonesia. Maka tidak heran, jika banyak yang menjadikannya bisnis menjanjikan. Apalagi jika diperhatikan, gorengan hanya itu-itu saja bahan bakunya, misalnya seperti tahu, tempe, bakwan, pisang molen ataupun pisang goreng.

Baca Juga :  Berbagai Cara Cepat Menghasilkan Uang di Era Milenial
bisnis gorengan
bisnis gorengan (Source : Shutterstock)

Dengan bahan baku yang itu-itu saja tentu akan lebih mudah dalam menentukan modalnya dan menghitung keuntungan yang didapatkan. Terlebih lagi, bahan-bahan baku tersebut merupakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan harganya cukup terjangkau di pasaran.

Roti Bakar

Roti bakar juga merupakan salah satu makanan yang digemari banyak orang. Apalagi jika banyak varian rasanya, seperti vanilla, coklat, keju dan lain-lain.

bisnis roti bakar
bisnis roti bakar (Source : flickr)

Makanan ini juga mempunyai bahan baku yang dapat dikatakan mudah untuk didapat dan harganya relatif murah. Bahkan dengan modal sekitar 2 juta rupiah saja sudah bisa memulai bisnis kuliner satu ini.

Frozen Food

Bisnis frozen food merupakan bisnis kuliner yang tidak kalah menjanjikan dari bisnis-bisnis di atas. Apalagi frozen food sangat disukai saat ini karena kepraktisannya, yang mana tidak perlu mengolah bahan-bahan dari awal dan hanya perlu menggoreng atau memasukkan ke dalam microwave makanan beku tersebut, lalu bisa disajikan.

bisnis frozen food
bisnis frozen food (Source : tempo)

Beberapa jenis makanan frozen food yang cukup laku di jual seperti sosis, nugget, samosa, risoles sampai kebab yang siap saji. Memulai bisnis ini bisa diawali dengan mencari supplier yang harganya murah daripada harga pasar atau bisa langsung dari pabrik. Dengan begitu, akan lebih mudah menentukan harga jual yang selanjutnya.

Baca Juga :  Langkah - Langkah & Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias

Nah, itulah 4 macam bisnis kuliner dengan modal kecil yang bisa dicoba. Memulai bisnis kuliner, sebenarnya tidak hanya harus mengetahui mengenai berbagai macam bisnis tersebut, namun juga harus mengetahui mengenai bagaimana cara memulai bisnis yang baik dan tepat.

Dengan begitu, ketika akan menjalankan bisnis tersebut nanti, menjadi tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan.