Batas wilayah daratan Indonesia dan Malaysia di Kalimantan Utara terletak di…

SOAL

Batas wilayah daratan Indonesia dan Malaysia di Kalimantan Utara terletak di…

JAWABAN

Jawaban yang benar adalah perbatasan darat di Utara Kalimantan utara melintasi selat antara Sebatik dan daratan, yang membentang di sepanjang garis tengah Tambu dan Sikapal hingga ke bukit-bukit yang membentuk daerah aliran sungai Simengaris (di Indonesia) dan Serudung (di Malaysia).

PEMBAHASAN

Batas wilayah Indonesia mencakup batas daratan Indonesia dan batas laut Indonesia. Terdapat beberapa negara tetangga yang berbatasan dengan Indonesia.Batas daratan Indonesia bagian utara berbatasan langsung dengan negara Malaysia, tepatnya di Pulau Kalimantan (Borneo).

Perbatasan darat di Utara Kalimantan utara melintasi selat antara Sebatik dan daratan, yang membentang di sepanjang garis tengah Tambu dan Sikapal hingga ke bukit-bukit yang membentuk daerah aliran sungai Simengaris (di Indonesia) dan Serudung (di Malaysia).

Perbatasan ini pada umumnya membentang ke arah baratlaut menuju 4° 20’LU, kemudian mengikuti garis pegunungan di sepanjang daerah aliran sungai yang mengalir menuju Laut Cina Selatan, Laut Jawa, dan Selat Karimata, dan berakhir di Tanjung Datu pada koordinat 109° 38′.8 BT 02° 05′.0 LU di ujung barat Sarawak.