fbpx
Banyak Data Pribadi Bocor, Segera Cek di Sini!

Banyak Data Pribadi Bocor, Segera Cek di Sini!

Perkembangan teknologi membuat setiap orang harus lebih waspada terhadap keamanan data pribadinya.

Data pribadi mulai dari email, password hingga nomor telepon harus dilindungi dari penyalahgunaan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tidak hanya akun media sosial yang diambil alih, data pribadi yang bocor juga dapat disalahgunakan untuk menguras rekening korban dan melakukan tindakan kejahatan.

Oleh karena itu, simak cara mengetahui data pribadi kita bocor atau tidak, di bawah ini!

1. Periksa data

Kita bisa mengecek kebocoran data di laman periksadata.com. Cukup masukkan alamat email, dan semua data yang bocor di dalam beberapa kejadian terkait akan ditampilkan.

halaman depan periksadata.com
halaman depan periksadata.com

Ada juga informasi total tentang semua data yang bocor dalam kejadian terkait itu. Situs tersebut juga memberikan tips yang harus dilakukan jika kita mengalami kebocoran data.

2. Have I Been Pwned?

Have I Been Pwned dapat digunakan untuk melacak pelanggaran melalui email. Kita hanya perlu memasukkan alamat email supaya situs web melakukan pemeriksaan apakah email kita dibobol atau tidak.

Baca Juga :  Cara Praktis Screenshot di Laptop Berdasarkan Merek
halaman depan haveibeenpwned.com
halaman depan haveibeenpwned.com

Untuk pelanggaran yang lebih sensitif, situs https://haveibeenpwned.com/ dapat memberikan layanan pengecekan, tetapi situs itu mengharuskan kita untuk mendaftar terlebih dahulu.

3. Avast

Avast.com adalah situs keamanan internet lintas platform untuk Microsoft Windows, macOS, Android dan iOS. Situs ini menyediakan pelacakan alamat email.

halaman depan hack check avast
halaman depan hack check avast

Yang harus kita lakukan adalah memasukkan alamat email dengan benar, kemudian sistem akan secara otomatis mengirimkan hasil pelacakan melalui alamat email yang tertera.

Situs ini dapat diakses melalui link berikut: avast.com/hackcheck/.

4. DeHashed

DeHashed tidak hanya dapat memeriksa apakah email kita bocor atau tidak. Melalui website DeHashed, kita juga bisa mengetahui apakah identitas kita diretas atau tidak.

halaman depan dehashed

Kita juga dapat melihat kata sandi kita di daftar akun mana pun. Namun, untuk akses yang lebih mudah, kita harus berlangganan situs ini.

5. Firefox Monitor

Di sini Firefox juga dapat memeriksa kebocoran data, melalui laman https://monitor.firefox.com/. Pihak Firefox mengklaim dapat mencari alamat email yang tersangkut dalam kebocoran data publik sejak 2007 silam.

Baca Juga :  Simak! Ini Tips Bersihkan Layar Laptop yang Benar
halaman depan firefox monitor
halaman depan firefox monitor

Untuk memeriksanya, silakan masukkan alamat email. Kemudian, kita akan melihat di mana letak kebocoran dan data apa yang berhasil diambil dari kejadian tersebut.

Selain itu, Firefox juga memberikan beberapa tips untuk menjaga informasi kita agar tetap aman di ruang digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published.