Bagian bulan yang terkena sinar matahari terlihat seluruhnya dari bumi terjadi pada fase….

SOAL

Bagian bulan yang terkena sinar matahari terlihat seluruhnya dari bumi terjadi pada fase….

JAWABAN

Jawabannya yaitu full moon atau bulan purnama.

PEMBAHASAN

Bulan merupakan satelit bumi yang memancarkan sinar di malam hari akibat pantulan sinar matahari ke bumi. Revolusi bulan membuat bentuk bulan terlihat berbeda dari permukaan bumi. Bentuk bulan yang berbeda terlihat pada setiap fase – fase bulan.

Fase bulan adalah bentuk dari bagian bulan yang terkena cahaya matahari secara langsung yang terlihat dari bumi. Bagian bulan yang terkena sinar matahari terlihat seluruhnya dari bumi terjadi pada fase full moon atau bulan purnama.

Fase Full Moon adalah fase di mana matahari, bumi, dan bulan, berada pada satu garis lurus. Bulan berada di belakang bumi, sehingga cahaya matahari yang seharusnya menyinari bulan, tertutup oleh bumi yang ukurannya lebih besar.

Maka, bulan terlihat bulat sempurna kayak bakso. Full moon dapat memunculkan fenomena gerhana bulan. Bulan purnama biasanya terjadi di antara hari ke – 14 dan hari ke – 15 dalam kalender lunar.

Jadi, bagian bulan yang terkena sinar matahari terlihat seluruhnya dari bumi terjadi pada fase full moon atau bulan purnama.