Apa yang Harus Dilakukan Jika Paket COD Tak Sesuai

Apa yang Harus Dilakukan Jika Paket COD Tak Sesuai?

Belakangan ini, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan banyaknya kasus kurir perusahaan ekspedisi menjadi korban luapan emosi, bahkan ancaman dari pembeli jual beli online.

Teranyar, seorang kurir diancam oleh pembeli dengan pedang katana, dan ia meminta pengembalian uangnya setelah melakukan COD di Ciputat, Tangerang Selatan.

Pembeli mengaku memesan jam tangan dari marketplace dengan menggunakan sistem COD, artinya pembeli dapat membayar barang yang dipesan melalui kurir ekspedisi.

Namun, pembeli meminta pengembalian uang yang telah dibayarkan kepada kurir. Ia beralasan paket tersebut hanya berisi kertas kosong.

Bagaimana prosedur sebenarnya bagi pembeli online untuk mengembalikan barang COD yang tidak sesuai pesanan?

Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Senior Lead Tokopedia mengatakan pengguna yang melakukan transaksi COD dapat mengembalikan barangnya jika tidak sesuai.

Pengembalian bisa dilakukan sebelum atau sesudah pembeli membuka paket/barang.

Chandra mengatakan pihaknya terus mengedukasi pengguna tentang langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menjaga transaksi belanja yang aman dan nyaman, seperti memastikan reputasi toko.

Apa yang harus dilakukan jika barang tidak sesuai?

Dalam transaksi COD, jika barang atau paket yang diterima pembeli tidak sesuai dengan yang dipesan atau diharapkan, pembeli dapat mengajukan komplain kepada penjual agar dapat dilakukan tindak lanjut, dengan catatan pembeli tetap harus membayar barang ke kurir.

Sebagai catatan, segala hal terkait isi paket telah menjadi kesepakatan antara pembeli dan penjual. Adapun kurir tidak bertanggung jawab dalam menentukan isi paket yang dipesan pembeli.

COD adalah fitur dalam e-commerce yang memungkinkan pembeli membayar pesanan pada saat sudah diterima di tangan. Fitur ini berbeda dengan yang lain di mana pembeli harus melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum penjual melakukan proses pengiriman.

Perlu dipahami bahwa setiap marketplace memiliki aturan yang berbeda terkait pembayaran COD. Namun yang pasti pembeli tidak diperbolehkan membuka paket sebelum melakukan pembayaran tunai ke kurir.

Sementara itu, jika barang yang dipesan melalui COD ditemukan tidak sesuai atau cacat/rusak, marketplace menyediakan fiturpengaduan yang menghubungkan pembeli dan penjual.

Baca Juga :  BMKG Klarifikasi Soal Gempa M 8,7 & Tsunami di Jatim

Jika aduan diterima, pembeli akan mendapatkan pengembalian uang atau barang pengganti.

Prosedur pengembalian paket

Dalam prosedur lain, pembeli juga dapat mengembalikan barang melalui fitur laporan keluhan dan pengaduan yang disediakan marketplace.

Jika pengaduan diterima, beberapa marketplace akan menyediakan layanan pengembalian. Kurir akan mengambil barang atau paket yang sudah diterima, kemudian mengirimkannya kembali ke penjual. Pembeli tidak akan dikenakan biaya pengiriman saat melakukan pengembalian barang ke penjual.