Apa saja peran lembaga dalam lembaga politik?

SOAL

Apa saja peran lembaga dalam lembaga politik?

JAWABAN

Jawaban yang benar adalah peran lembaga dalam lembaga politik yaitu mengatur hubungan antara kekuasaan dan wewenang dalam masyarakat yang juga mencakup aturan tentang penerapan hukuman demi mencapai kepentingan bersama angota-angota masyarakat.

PEMBAHASAN

Lembaga politik adalah lembaga sosial yang mengkhususkan diri pada pelaksanaan kekuasaan dan wewenang, berhubungan dengan kehidupan politik.

Ciri-ciri lembaga politik yaitu:

  1. Terdapat komunitas manusia yang secara sosial bersatu (hidup bersama) atas dasar nilai-nilai yang telah disepakati bersama.
  2. Terdapat asosiasi politik atau bisa disebut pemerintahan yang aktif.
  3. Asosiasi tersebut menjalankan fungsi-fungsi untuk kepentingan umum.

Fungsi lembaga politik yaitu:

  1. Berperan dalam menjaga ketertiban dari dalam.
  2. Berperan dalam menjaga ketertiban dari luar, seperti memutuskam untuk diplomasi, atau perang.
  3. Melaksanakan kesejahteraan umum.

Adapun peran lembaga dalam lembaga politik secara umum yaitu mengatur hubungan antara kekuasaan dan wewenang dalam masyarakat yang juga mencakup aturan tentang penerapan hukuman demi mencapai kepentingan bersama angota-angota masyarakat.

Kesimpulan:

Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa peran lembaga dalam lembaga politik yaitu mengatur hubungan antara kekuasaan dan wewenang dalam masyarakat yang juga mencakup aturan tentang penerapan hukuman demi mencapai kepentingan bersama angota-angota masyarakat.