3 cara cek nik online

3 cara cek nik online

harianesia.com – Kini bagi kalian yang belum mengetahui nomor induk kependudukan dapat melihat secara online. Nomor induk kependudukan biasanya ada di kartu keluarga ataupun kartu tanda penduduk. Namun bagi kalian yang belum mendaftarkan diri dan mendapatkan KTP dapat mengecek secara online. Masih banyak masyarakat Indonesia yang nomor induk kependudukan atau NIK yang masih salah bahkan tertukar. Maka dari itu kita perlu mengeceknya secara berkala.

Karena NIK sangat penting. Jangan sampai nomor induk kependudukan salah. Karena NIK digunakan untuk berbagai macam administrasi. Tuh berikut 3 cara cek NIK Online.

Cek NIK Online melalui Website

Cara cek nik melalui website adalah salah satu cara yang paling mudah. Cara ini dapat dilakukan oleh semua orang. Hanya perlu mengunjungi alamat websitenya saja dan memasukkan Nik. Untuk mengecek apakah NIK benar atau salah. Melalui website yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui perangkat apa saja.

Cek melalui website dilakukan ketika ada internet. Ngecek melalui website dibutuhkan jaringan internet alat komunikasi baik berupa handphone ataupun laptop. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke alamat https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/
  2. Klik link cari menu dan pilih e-KTP
  3. Setelah muncul, masukkan 16 digit NIK untuk dicek.
  4. Jika data valid maka data yg ditampilkan meeupakan data pemilik NIK

Melalui Call Center

Kementerian dalam Negeri (Kemendagri) memberikan kemudahan kepada masyarakat melalui call center. Dengan menghubungi 1500-537. Dilansir dari kompas.com bahwasannya melalui call center perlu menyiapkan KTP dan kartu keluarga. Ketika melakukan panggilan petugas akan melakukan verifikasi data. Data yang dibutuhkan adalah KTP dan kartu keluarga.

Petugas akan memberitahukan bahwa data valid atau tidak. Data yang diberikan kepada petugas valid maka data aman. Data yang diberikan tidak valid kita dapat langsung mengajukan sinkron data. Sehingga data yang kita miliki akan kembali normal. Cek melalui call center dapat memakan biaya.

PastiKan pulsa terisi penuh untuk melakukan panggilan ini. Selain itu siapkan pula berkas yang dibutuhkan.

Melalui email resmi

Email sangat dibutuhkan dan sangat gampang. Ketika kita memiliki smartphone maka kita pasti sudah memiliki email. Ini akan sangat mudah bagi kita semua. Resmi yang dimiliki oleh dukcapil kita dapat melakukan verifikasi data. Email resmi Dukcapil yaitu callcenter.dukcapil@gmail.com.

Mengirim pesan melalui email merupakan opsi terakhir yang bisa kita lakukan selain melakukan dua hal di atas. Biasanya ketika melakukan pengiriman email pastikan body note dan subjek email terisi. Sampai kita mengirimkan email kosong. Siapkan juga berkas, Kita juga harus mengirim NIK dan kartu keluarga yang akan di validasi. Begitulah tiga cara cek nik online.

Menurut kalian dari 3 cara di atas mana cara yang paling mudah? Jika kalian memang tidak bisa melakukan ketiganya maka langsung saja datang ke pemerintah setempat. Kalian bisa datang melalui ke pemerintah desa, kecamatan atau pun langsung ke dukcapil. Untuk melakukan perbaikan mengenai NIK dapat langsung mengajukan permohonan ke dukcapil. Itu Ttadi tiga cara cek NIK online yang dapat dilakukan dari rumah.

Sekarang tinggal bagaimana kita mengaplikasikannya. Langsung saja untuk mempraktekkan 3 cara diatas. Semoga dapat membantu bagi kalian yang ingin mengecek nya. Semangat jangan lupa tetap di rumah selama PPKM berlangsung. Tetap jaga Kesehatan dan jaga jarak. Sampai jumpa di informasi selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *