Bisnis Modal Kecil, Untung Hingga Jutaan Rupiah

Bisnis Modal Kecil, Untung Hingga Jutaan Rupiah

harianesia.com – Bisnis modal kecil tapi untung hingga jutaan rupiah siapa yang tidak mau. Memang, menjalankan bisnis harus memiliki mental yang kuat serta daya juang yang jangan sampai patah arang. Prinsipnya jika memiliki usaha yang besar maupun yang kecil, asal ditekuni dengan serius pasti akan menghasilkan untung yang berlipat.

Sayangnya, orang banyak yang berpendapat bahwa menjalankan bisnis haruslah memiliki modal yang besar. Namun jangan salah, bisnis pun dapat menjadi peluang dan menghasilkan pendapatan yang lumayan.

Cek Peluang Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan

Kalau kamu ingin membangun usaha, namun modalmu minimal, kamu harus banget untuk cek peluang bisnis di bawah ini, siapa tau dapat menginspirasi dan jadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

  1. Usaha sayuran online

Pola kerjanya mungkin hampir sama dengan tukang sayur, hanya saja disini kamu belanja sesuai dengan pesanan saja, jadi tidak stok seluruh sayuran. Bisnis ini bisa jadi sangat  berpotensi bisnis modal kecil cerah, apalagi di tengah pandemic. Mulai saja dulu menawarkan jasa sayuran online mu ke area sekitara perumahanmu, dan kamu membelanjakan sesuai dengan pesanan.

  • Estimasi perhitungan modal dan profit usaha sayuran online

Profit bisnis modal kecil yang diambil dari usaha sayuran online ini adalah dari selisih harga perkilo sayurannya. Pada tabel hitungan dibawah, margin profit yang diambil adalah Rp 2.000/kg, dan target kamu membelanjakan sayuran sebanyak 20kg/hari, sehingga perhitungannya :

Perhitungan laba sayuran online

Estimasi 20kg /hari 20  Rp       2.000  Rp      40.000
Laba 1 bulan (30 hari) 30  Rp     40.000  Rp 1.200.000

Hitungan di atas adalah estimasi kasar saja, namun kalau kamu ingin meraup untung lebih banyak lagi, maka kamu harus mencari target market yang lebih luas lagi.

  • Dropshipper atau reseller

Menjalani usaha dengan sistem dropshipper atau reseller masih menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis modal kecil. Dengan menjadi dropshipper atau reseller, kamu tidak repot-repot dalam memikirkan produk dan juga bahan iklan.

Sebagai saran, pilihlah produk yang meski harganya murah, tapi banyak dicari orang, misalkan saja alat rumah tangga.

  • Estimasi perhitungan bisnis modal kecil laba dropshipper atau reseller

Perhitungan dibawah ini adalah perhitungan kasar, dimana harga per produknya adalah Rp 9.900 dan kamu menjualnya dengan harga Rp 15.000, dan ini estimasi jika kamu hanya bisa menjual sampai 100pcs saja, namun tentu masih dapat dikembangkan lagi keuntungannya.

Perhitungan profit laba dropshipper atau reseller

Harga jual barang 100  Rp     15.000  Rp 1.500.000
Harga modal barang 100  Rp       9.900  Rp    990.000
    Laba profit  Rp    510.000

Perhitungan harga di atas hanya berasal dari satu barang saja, bayangkan jika kalian melakukan dropshipper dengan barang lainnya, ada berapa banyak pundi uang yang dihasilkan.

  • Membuka jasa privat / kursus online

Di zaman yang serba digital, semua dapat dilakukan dari jarak jauh, termasuk juga kursus yang bisa dilakukan secara online. Banyak orang tua yang tetap ingin memberikan pelajaran tambahan kepada anaknya meski lewat daring, sehingga ini bisa menjadi peluang kamu untuk memulai bisnis modal kecil.

  • Estimasi perhitungan laba jasa privat / kursus online

Membuka jasa privat online sebenarnya tidak perlu modal, hanya saja kalian harus memiliki perangkat computer dan juga jaringan internet. Untuk rata-rata, per jam dari jasa privat saat ini adalah Rp 75.000/jam. Perhitungan di bawah adalah hitungan estimasi jika per minggu nya kalian memberikan 6 jam privat bisnis modal kecil.

Perhitungan profit jasa privat/kursus

Profit mingguan 6  Rp     75.000  Rp    450.000
Profit bulanan 4  Rp   450.000  Rp 1.800.000
Beban internet dalam 1 bulan 1  Rp   200.000  Rp    200.000
    Total pendapatan bersih  Rp 1.600.000

Kunci Sukses Bisnis Modal Kecil

Dalam berbisnis, selama kamu giat, pastilah semuanya akan berhasil dan dapat menguntungkan hingga jutaan rupiah. Mulailah memasarkan usahamu, agar semakin banyak yang tahu, peluang untungmu pun akan semakin besar.

Jadi, dalam membangun bisnis, baik modal besar maupun bisnis modal kecil,  kalian harus tekun dan giat, dan jangan malu untuk berpromosi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *