Ketahui Penyebab Kram Kaki dan Cara Ampuh Atasinya

Ketahui Penyebab Kram Kaki dan Cara Ampuh Atasinya

Kram kaki adalah kondisi yang cukup menyakitkan, terutama jika terjadi saat tidur. Sebenarnya, apa sih penyebab kram kaki dan bagaimana cara mengatasinya?

Ketika berbicara mengenai kram kaki, biasanya area yang terserang ialah betis dan sering muncul secara tiba-tiba. Tentu saja ini sangat menyakitkan.

Dalam beberapa kasus, penyebab kram kaki tidak diketahui. Namun dalam kebanyakan kasus, kram kaki disebabkan oleh cedera olahraga, gangguan sirkulasi darah atau kehamilan.

Berikut ini adalah berbagai penyebab kram kaki:

Tekanan terhadap saraf

Tekanan pada saraf tulang belakang dapat menyebabkan kram dan nyeri kaki. Dan, semakin lama kita berjalan, maka kondisinya akan semakin buruk. Berjalan dalam posisi membungkuk sedikit ke depan biasanya dapat mengurangi rasa sakit.

Suplai darah tidak memadai

Penyempitan pembuluh darah yang mensuplai darah ke kaki dapat menyebabkan rasa sakit, seperti kram kaki saat berolahraga. Kram ini biasanya hilang dengan cepat setelah kita beristirahat.

Kehamilan

Kram sering terjadi pada ibu hamil, terutama pada beberapa bulan terakhir kehamilan. Ini karena kekurangan kalium dan magnesium, atau karena aliran darah yang buruk ke kaki.

Cedera

Cedera atau penggunaan otot yang berlebihan juga dapat menyebabkan kram kaki. Duduk terlalu lama, berdiri di permukaan yang keras terlalu lama, atau meletakkan kaki pada posisi yang tidak nyaman saat tidur juga dapat menyebabkan otot kaki menegang atau kram. Kurangnya pemanasan sebelum berolahraga juga sering menyebabkan kram kaki.

Kekurangan mineral

Kekurangan mineral, seperti kalium, kalsium dan magnesium dapat menyebabkan kram kaki.

Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh kekurangan cairan dan juga bisa menyebabkan kram kaki. Dehidrasi berat dapat menyebabkan gangguan elektrolit, yang dapat menyebabkan kram kaki.

Cara mengatasi kram kaki

Melakukan peregangan

Salah satu cara mengatasi kram kaki adalah dengan melakukan peregangan. Hentikan aktivitas yang dapat menyebabkan kram otot. Kita dapat melakukan latihan peregangan sederhana, seperti menggerakkan kaki atau berjalan perlahan dengan berjinjit.

Meningkatkan asupan cairan dalam tubuh

Cara lain untuk mengatasi kram kaki yang sering terjadi adalah dengan memperbanyak asupan cairan dalam tubuh. Meskipun metode ini lebih lambat untuk menghilangkan rasa sakit, minum lebih banyak air atau minuman yang kaya akan elektrolit dapat membantu mencegah kram.

Mandi air panas

Mandi air hangat atau kompres air hangat juga dapat membantu meredakan kram. Namun, cara ini tidak dianjurkan untuk penderita diabetes atau cedera tulang belakang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *