Ini Syarat-syarat Balik Nama Kendaraan, Cuma Ada 4!

Ini Syarat-syarat Balik Nama Kendaraan, Cuma Ada 4!

Dokumen kepemilikan kendaraan bermotor adalah wajib bagi semua pemilik kendaraan bermotor, baik dalam bentuk mobil atau sepeda motor.

Sebab, dokumen-dokumen itu adalah bukti kepemilikan yang sah, dan kendaraan yang bersangkutan tidak merupakan hasil curian atau tindak kejahatan lainnya.

Namun, belakangan diketahui beberapa kali bahwa setelah membeli kendaraan bekas seperti sepeda motor, pemilik baru ragu-ragu untuk balik nama karena tidak memiliki berkas KTP pemilik sebelumnya.

Balik nama adalah proses pemindahan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik semula kepada pemilik baru.

Ternyata meski tanpa KTP pemilik semula, proses balik nama kendaraan bisa dilakukan. Adapun dokumen yang perlu disiapkan sebagai syarat balik nama adalah sebagai berikut:

  • STNK asli plus fotokopi
  • KTP pemilik baru asli plus fotokopi
  • BPKB asli plus fotokopi
  • Kuitansi atau bukti pembelian kendaraan yang ditandatangani di atas materai 10.000 rupiah

Berikutnya, pemilik baru bisa langsung mendatangi kantor Samsat terdekat dengan membawa dokumen-dokumen di atas.

Perlu diingat jika proses balik nama ini antarprovinsi, pemilik baru harus terlebih dahulu melakukan cabut berkas di daerah pemilik sebelumnya.

Pendaftaran balik nama dilakukan di loket pendaftaran balik nama yang terletak di gedung Samsat. Dokumen yang harus disiapkan untuk pendaftaran ini adalah STNK asli dan fokotopinya, BPKB asli dan fotokopinya, hasil cek fisik yang sudah divalisasi dan bukti atau kuaitansi pembelian bermaterai. Selain itu, jangan lupa sertakan KTP asli kita plus fotokopinya.

Setelah menyerahkan dokumen yang diperlukan, isi formulir yang disediakan. Kemudian serahkan formulir beserta dokumen selengkapnya kepada petugas.

Nantinya petugas akan memberikan tanda terima bahwa dokumen kita sedang diproses. Dalam keadaan normal, STNK baru akan diterbitkan dalam 2-5 hari ke depan.

Pada saat pengambilan STNK atas nama pemilik baru, kita harus menyerahkan tanda terima ke loket balik nama, fotokopi kuitansi pembelian kendaraan, dan hasil pemeriksaan fisik kendaraan. Jika diperlukan, tunjukkan juga BPKB asli.

Nanti akan ada informasi detail jumlah pajak kendaraan yang harus dibayar. Bayar sesuai nominal yang tertera. Setelah itu, tunggu panggilan dari petugas dan ambil STNK yang sesuai dengan nama pemilik baru. Selesai!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *