Cara Merawat Rantai Motor, Ikuti 5 Langkah Mudah Ini
Source : freepik

Cara Merawat Rantai Motor, Ikuti 5 Langkah Mudah Ini

Rantai pada sepeda motor merupakan komponen penting yang membutuhkan perawatan. Pasalnya, rantai motor ini berfungsi untuk mentransfer tenaga dari mesin untuk menggerakkan roda sehingga bisa berlari dengan baik.

Jika rantai motor dirawat dengan baik tentunya dapat menunjang performa dari sepeda motor tersebut. Selain itu, berkat perawatan yang baik, risiko kecelakaan juga bisa dikurangi.

Berikut adalah beberapa cara sederhana merawat rantai motor:

1. Bersihkan rantai motor secara teratur

Kondisi cuaca yang tidak jelas, panas atau hujan, ditambah dengan tanah dan kotoran, tentunya akan membuat rantai motor mudah kotor.

Bersihkan rantai motor pembersih, lalu sikat dengan sikat khusus untuk rantai motor, lalu bersihkan dengan kain lap. Selain terlihat bersih, rantai motor kita jadi lebih awet.

2. Gunakan pelumas rantai

Lakukan perawatan rantai saat mengganti oli atau pelumas. Ini untuk membiasakan diri dengan perawatan secara rutin. Usahakan untuk memberikan pelumas pada rantai sepeda motor agar awet.

Fungsi pelumas rantai motor adalah untuk melumasi rantai motor hingga celah mata rantai. Selain itu, pelumas juga dapat membantu kita dalam membersihkan rantai motor.

3. Jangan gunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor

Jangan gunakan oli bekas untuk melumasi rantai motor. Mengapa? Menggunakan oli bekas justru dapat menimbulkan kotoran yang akan menempel pada rantai dan mengurangi keawetan rantai.

Lebih baik mengeluarkan sedikit uang untuk membeli pelumas rantai daripada harus mengganti rantai motor yang rusak karena menggunakan pelumas oli bekas.

4. Periksa dan lakukan penyetelan rutin

Jangan lupa untuk mengecek kondisi rantai motor. Siapa tahu rantai motor kita kendor atau bahkan terlalu kencang. Dalam hal ini, percayakan pada bengkel atau ahlinya.

5. Gunakan rantai dan gear asli

Pastikan untuk menggunakan rantai dan gear asli. Sparepart KW atau palsu memang lebih ramah bujet, tapi lebih mudah rusak. Gear original, meski terkadang harganya lebih mahal, tapi kualitasnya lebih terjamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *