Penting! Berikut Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Penting! Berikut Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Salah satu organ yang penting sekali untuk keberlangsungan dari fungsi tubuh adalah sistem pencernaan. Berbagai organ pencernaan adalah seperti mulut, esophagus, faring, lambung, usus halus serta usus besar.

Beberapa sistem pencernaan di dalam tubuh tidak jarang mengalami gangguan atau masalah kesehatan seperti diare, kembung, sembelit, maag dan lain-lain.

Gangguan di sistem pencernaan tersebut bisa menyebabkan produktivitas menurun, apalagi jika sampai harus terus berbaring di atas tempat tidur untuk istirahat.

Tentunya mengalami kondisi yang seperti ini sangat tidak diinginkan, bukan? Maka dari itu, haruslah mengetahui bagaimana cara atau tips menjaga kesehatan sistem pencernaan agar terhindar dari berbagai gangguan tersebut.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai tips tersebut, berikut ini akan dibahas mengenai itu. Mari simak pembahasannya di bawah ini.

Tips-Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi Real Food

Bila ingin mempunyai sistem pencernaan yang sehat, hal pertama yang harus diperhatikan dengan benar adalah asupan makanan ke dalam tubuh. Dengan memperhatikan apa saja yang dimakan, gangguan atau masalah pencernaan akan menjadi jarang untuk muncul. Bahkan pencernaan pun menjadi lebih sehat.

Biasakan untuk memasak sendiri makanan yang ingin dimakan. Dengan begitu, bisa mengatur sendiri jenis dan kadar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, serta bisa mengonsumsi real food atau bukan makanan olahan, berpengawet, buatan hingga bahan tidak alami yang bisa menjadi beban untuk pencernaan.

Mengonsumsi Lemak Sehat

Lemak jangan selalu disalahkan. Hal itu karena tidak semua lemak tidak baik untuk tubuh. Ada cukup banyak lemak baik yang bisa membantu pencernaan serta mencegah peradangan atau inflamasi di usus dan sekitarnya. Bahkan lemak yang sehat bisa menjadi sumber dari energi yang mana cukup melimpah.

Dapatkanlah lemak sehat dari buah-buah dan beberapa biji-bijian. Tidak hanya itu, pilihlah beberapa ikan berlemak yang kandungannya asam lemak omega 3 seperti tuna dan salmon yang mana bila dikonsumsi membantu dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Memperbanyak Makan Makanan Berserat

Tips menjaga kesehatan sistem pencernaan yang selanjutnya adalah memperbanyak makanan yang berserat untuk dikonsumsi. Banyak makan nasi serta lauk yang berlemak merupakan sesuatu yang kurang baik untuk tubuh, terutama sistem pencernaan.

Hal itu karena kedua hal tersebut bisa menyebabkan masalah di sistem pencernaan. Pengolahan nasi dan lauk berlemak akan memakan waktu yang cukup lama sehingga membuat mudah mengantuk.

Tidak hanya mudah mengantuk, sembelit pun rentan untuk menyerang. Maka dari itu, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung serat seperti buah, sayuran hijau serta beberapa macam biji-bijian.

Memenuhi Kebutuhan Air Harian

Sebisa mungkin penuhilah kebutuhan dari air minum harian. Hal itu karena bisa membuat pencernaan menjadi berfungsi dengan lebih baik. Selain itu, feses pun menjadi lebih lunak sehingga tidak akan menyebabkan sembelit. Setidaknya konsumsi 8 gelas air atau setara 2 liter setiap harinya untuk menjaga kesehatan dari sistem pencernaan.

Mengendalikan Stress

Stress mempunyai efek yang cukup berpengaruh pada tubuh. Ketika mengalami stress, kortisol menjadi lebih besar jumlahnya. Hormon tersebut bisa menimbulkan gangguan dari pencernaan seperti diare, sembelit, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa cara atau tips menjaga kesehatan sistem pencernaan yang sebaiknya memang dilakukan agar terhindar dari berbagai gangguan atau masalah pada sistem pencernaan.

Bila sistem pencernaan dan tubuh sehat tentu aktivitas sehari-hari tidak akan terganggu dan terhambat. Dengan begitu, produktivitas tetap bisa berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *