Tips & Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Jangan Terlambat !!!

Tips & Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Jangan Terlambat !!!

Ginjal mempunyai fungsi yang sangat vital untuk tubuh. Di antaranya ginjal berfungsi untuk membuang racun, sisa metabolisme serta garam di dalam tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

Jika sampai ginjal mengalami kerusakan ataupun terjadi komplikasi, berbagai masalah kesehatan bisa dialami oleh penderitanya. Beberapa masalah kesehatan tersebut seperti malnutrisi, gangguan elektrolit, dan anemia.

Tidak hanya itu, kondisi ginjal yang tidak baik dapat mengharuskan penderitanya menjalani hemodialysis atau cuci darah, bahkan mengonsumi berbagai obat khusus.

Penyakit ginjal kronis, tidak hanya bisa untuk menyerang orang dewasa, namun pada anak-anak juga. Bila penyakit ginjal terjadi pada anak-anak, maka bisa mempengaruhi fisik, sosial, emosi hingga prestasi mereka.

Namun tenang saja, ada sejumlah tips atau cara menjaga kesehatan ginjal sekaligus mencegah penyakit ginjal kronis sejak dini. Berikut ini pembahasannya.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Membatasi Konsumsi Gula

Asupan gula yang berlebihan karena bahan makanan yang manis dapat menjadi penyebab utama dari obesitas serta diabetes. Dua hal itu tidak baik untuk kesehatan ginjal.

AHA (American Heart Association) merekomendasikan untuk anak yang masih di bawah 2 tahun tidak diberikan dahulu gula untuk makanan maupun minuman mereka.

Sementara untuk anak 2 tahun hingga 18 tahun, sebaiknya per harinya tidak mengonsumsi gula lebih dari 6 sendok teh. Kemudian, untuk orang dewasa batas paling tinggi konsumsi gula adalah 5-9 sendok teh per harinya.

Menerapkan Diet Sehat dan Seimbang

Cara menjaga kesehatan ginjal adalah menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang untuk mencegah obesitas atau gizi lebih. Seperti yang diketahui, obesitas bisa menyebabkan tekanan darah tinggi serta risiko diabetes. Hal-hal itu adalah penyebab utama dari penyakit ginjal kronis di usia dewasa.

Pola makan seimbang dan sehat yang bisa diterapkan seperti karbohidrat komplek 50 hingga 60 persen, protein sebesar 5 hingga 20 persen, lemak sebesar 25 hingga 35 persen, serat sebanyak 15 hingga 25 persen, dan pemenuhan dari mikronutrien yaitu mineral dan vitamin.

Membatasi Konsumsi Garam

Asupan garam tinggi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi di masa yang akan datang. Padahal tekanan darah tinggi merupakan salah satu pemicu yang utama penyakit ginjal yang kronis.

Konsumsi garam sebanyak 5 gram atau 2 sendok teh per hari untuk orang usia dewasa. Sedangkan untuk anak, terutama bayi usia 6-12 berikan garam lebih sedikit.

Olahraga yang Rutin

Lakukan olahraga sebanyak 3 hingga 5 kali per minggunya dengan durasi setengah hingga satu jam per hari guna menunjang kesehatan tubuh dan ginjal.

Olahraga teratur sendiri mampu untuk meningkatkan metabolisme tubuh, mengontrol diabetes, menurunkan tekanan darah dan menurunkan berat badan serta tentunya baik untuk kesehatan ginjal.

Minum Air Putih yang Banyak

Mengonsumsi air putih bisa membantu darah dalam mengalir bebas ke ginjal maupun seluruh tubuh, namun jumlah air putih tersebut harus benar. Untuk kesehatan minimal minum 2 liter atau 8 gelas air putih per harinya.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa untuk dilakukan untuk mencegah penyakit ginjal kronis sejak dini. Seperti yang dikatakan di atas, jika ginjal mempunyai fungsi yang sangat vital, maka menjaga kesehatannya juga sangatlah penting.

Selain cara-cara di atas, cara lainnya yang harus dilakukan seperti jangan sembarangan dalam mengonsumsi suplemen dan obat, rutin dalam melakukan pemeriksaan ke dokter dan menghindari rokok. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *