Cara Mengatasi Diare Saat Puasa, Perhatikan Hal Ini
Source : freepik

Cara Mengatasi Diare Saat Puasa, Perhatikan Hal Ini

Diare merupakan salah satu gangguan yang paling tidak diharapkan, terutama saat berpuasa.

Masalahnya, tubuh yang mengalami dehidrasi saat puasa bisa bertambah parah akibat diare.

Jika sudah mengetahui penyebab diare, baru kita bisa mengatasinya.

Simak cara mengatasi diare saat berpuasa berikut ini:

Hindari makanan berlemak

Terlalu banyak makan makanan berlemak juga bisa menjadi penyebab diare, karena lemak sulit dicerna. Makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, seperti gorengan, juga harus dihindari.

Perbanyak konsumsi cairan

Diare bisa menyebabkan kekurangan air di dalam tubuh. Terlebih saat berpuasa, kita tidak akan mendapatkan asupan cairan tubuh selama beberapa jam. Kondisi ini dapat memperburuk kondisi fisik dan menyebabkan dehidrasi. Selama berpuasa, kita juga kurang bisa melakukan berbagai aktivitas secara maksimal karena tubuh akan terasa lelah akibat kekurangan energi.

Jika harus berbuka puasa akibat mengalami diare, sesegera mungkin untuk memperbanyak konsumsi cairan, misal air putih. Kita juga bisa mengonsumsi oralit apabila memiliki risiko dehidrasi.

Cara Membuat oralit
Cara Membuat oralit (Source : mysmunn.com)

Oralit dibuat dari mencampurkan air dengan gula dan garam. Cairan ini berfungsi untuk mendongkrak turunnya karbohidrat, elektrolit atau ion, dan mineral penting lainnya yang hilang dalam tubuh akibat terlalu banyak sekresi.

Selain air putih dan oralit, kita juga bisa menggunakan jus buah (tanpa gula) atau sup sayur untuk memenuhi konsumsi cairan tubuh. Sebaliknya, hindari minum kafein atau minuman manis yang dapat memperparah kondisi diare.

Konsumsi yoghurt

Yoghurt tertentu mengandung probiotik, yaitu bakteri menguntungkan yang telah terbukti membantu mencegah atau mengatasi berbagai jenis diare.

Yoghurt mungkin mengandung berbagai jenis dan jumlah probiotik. Untuk membantu mengatasi diare, pilih jenis probiotik yang bermanfaat dengan setidaknya 10 miliar CFU (colony-forming units) per porsi. Jika memungkinkan, pilihlah yoghurt yang telah diuji oleh pihak ketiga.

Mengonsumsi yoghurt dapat mengatasi diare
Mengonsumsi yoghurt dapat mengatasi diare ( Source : freepik)

Namun, Orang dengan intoleransi laktosa mungkin malah akan lebih parah diarenya setelah makan yoghurt susu. Jika itu terjadi, silahkan pilih yogurt nabati. Selain itu, sebuah studi menemukan bahwa konsumsi yogurt mampu meningkatkan kekebalan pencernaan.

Mengonsumsi obat antidiare

Jika semua cara di atas tidak efektif, maka cara yang paling tepat adalah dengan mengonsumsi obat antidiare yang dapat mengurangi gejala dan mempersingkat lama terjadinya diare.

Loperamide adalah salah satu obat antidiare yang paling umum digunakan karena telah terbukti efektif dan memiliki efek samping yang sedikit.

Loperamide dapat membuat kotoran lebih padat dan mengurangi frekuensi buang air besar.

Namun ingat untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan obat pada kemasannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *