fbpx
6 Cara Menaikkan Berat Badan Alami yang Menyehatkan

6 Cara Menaikkan Berat Badan Alami yang Menyehatkan

Sebagian besar orang ingin memiliki tubuh dan berat badan yang ideal. Namun, berat badan terkadang lebih rendah dari kata ideal.

Underweight atau berat badan di bawah angka normal didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (BMI) di bawah 18,5.

Makan banyak memang menjadi solusi, tapi bukan hanya banyak. Jenis makanan yang dimakan juga harus sehat agar terhindar dari penyakit.

Jangan coba-coba menggunakan obat penggemuk badan yang bekerja instan. Obat instan biasanya tidak sehat. Yang terbaik adalah menambah berat badan secara alami.

Bagaimana cara menambah berat badan secara alami?

1. Makan lebih sering

Salah satu kunci terpenting untuk menambah berat badan adalah dengan meningkatkan asupan makanan. Namun, orang yang kurus umumnya lebih mudah kenyang, sehingga sulit bagi mereka untuk meningkatkan asupan makanan.

Alih-alih makan tiga kali sehari dalam porsi besar, cobalah makan 5-6 kali dengan porsi biasa. Dengan cara ini, anda dapat meningkatkan asupan kalori dengan lebih mudah tanpa merasa terlalu kenyang.

Baca Juga :  Ketahui Ini Fungsi dan Cara Merawat Bulu Kemaluan

2. Pilih makanan bergizi

Mengkonsumsi makanan cepat saji dan junk food memang bisa menambah berat badan dengan cepat, tapi ini bukan cara yang tepat. Sebab, lemak trans dan gula di dalamnya akan meningkatkan kolesterol jahat dan menyebabkan obesitas.

Sebaliknya, pilihlah makanan kaya nutrisi yang mengandung karbohidrat kompleks, lemak sehat dan protein. Anda bisa makan roti gandum, sayuran, daging rendah lemak, buah-buahan dan kacang-kacangan.

3. Pilih makanan berkalori tinggi

Jika anda ingin menambah berat badan secara perlahan, anda perlu menambah asupan kalori sebanyak 300-500 kkal setiap hari. Untuk memenuhinya, anda bisa mengonsumsi makanan berkalori tinggi yang kaya akan lemak dan protein.

Meski begitu, makanan berkalori tinggi yang anda pilih harus tetap sehat. Berikut ini adalah makanan yang dapat membantu anda menambah berat badan.

  • Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang mete dan almon.
  • Susu murni, yoghurt full-fat, keju dan produk susu lainnya.
  • Kentang, nasi merah, pasta gandum utuh dan roti gandum utuh.

4. Tambahkan kalori dengan smoothie

Selama program penampahan berat badan, hindari minum soda, kopi, atau minuman lain yang tinggi gula dan kalori. Meski bisa memberikan kalori ekstra, minuman itu biasanya tidak banyak mengandung nutrisi.

Baca Juga :  Penting! Berikut Tips Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Cobalah untuk menggunakan susu dan buah-buahan favorit anda untuk membuat minuman sehat, seperti smoothie atau milkshake. Setelah itu, tambahkan almon atau biji rami untuk menambah kalori dan protein.

5. Berolahraga secara teratur

Olahraga dan aktivitas fisik rutin juga memainkan peran penting dalam menambah berat badan. Melalui olahraga teratur, terutama latihan kekuatan, berat badan anda akan bertambah. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat asupan kalori dan nutrisi anda lebih tercukupi.

6. Jangan merokok

Sebuah penelitian menunjukkan orang yang merokok lebih cenderung kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan. Seperti yang kita ketahui bersama, kebiasaan tidak sehat ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Karena itu, jika anda ingin menambah berat badan, segera berhenti merokok ya!