fbpx
5 Mitos Tentang Kesehatan Mata yang Perlu Diluruskan

5 Mitos Tentang Kesehatan Mata yang Perlu Diluruskan

Orang tua umumnya mengimbau anak-anak mereka untuk tidak menonton TV dari dekat dan membaca di tempat yang gelap.

Tapi tahukah anda bahwa ada banyak peraturan ‘tidak tertulis’ tentang kesehatan mata, dan banyak di antaranya yang tidak terlalu tepat.

Berikut ini beberapa mitos tentang kesehatan mata yang perlu diluruskan.

Kacamata hitam mencegah anda menyipitkan mata

Dikatakan bahwa kacamata hitam membantu melindungi mata dan mencegah anda menyipitkan mata.

Padahal, kerusakan mata dari sinar ultraviolet matahari terakumulasi sepanjang hidup. Pada akhirnya, paparan ultraviolet meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula dan kanker kulit di sekitar mata dan kelopak mata.

Hanya, jangan sembarangan memilih kacamata. Sebagai tips, pilih produk yang memiliki perlindungan UVA dan UVB sepanjang tahun. Pastikan kacamata anda juga mempunyai lapisan tersebut.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Bahan Alami

Penglihatan kabur berarti anda membutuhkan kacamata

Ketahuilah, penglihatan kabur atau buram tidak berarti anda harus memakai kacamata. Tetapi penglihatan kabur yang tidak dikoreksi dengan kacamata baca mungkin disebabkan oleh gula darah tinggi, diabetes yang tidak terkontrol, katarak atau infeksi.

Makan wortel baik untuk mata

Faktanya, makan wortel baik untuk mata karena kandungan vitamin A-nya yang tinggi, namun sayuran berdaun hijau dan buah-buahan segar lebih bermanfaat untuk kesehatan mata.

Pasalnya, sayuran dan buah-buahan adalah sumber vitamin dan nutrisi penting lainnya, mereka dapat melindungi anda dari masalah mata seperti katarak. Namun, itu tidak dapat mencegah atau memperbaiki masalah terkait penglihatan.

Menatap layar sepanjang hari akan menyakiti mata anda

Menatap gadget atau layar TV memang dapat membuat mata anda lelah, tetapi itu tidak akan merusaknya. Pastikan ruangan anda memiliki pencahayaan yang tepat dan istirahat selama 10 menit setiap 2-3 jam.

Cara terbaik untuk menghilangkan iritasi adalah dengan menangis

Ketahuilah, menangis hanya dapat membantu mengatasi hal-hal kecil seperti bulu mata atau sebutir kotoran.

Baca Juga :  Cara Ampuh Singkirkan Bau Mulut Secara Permanen

Jika mata anda mengalami sobekan parah, kemerahan atau kepekaan terhadap cahaya, segera bilas mata dengan larutan garam steril kelas medis atau jika tidak memilikinya, gunakan air keran.