5 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan, Lihat di Sini!

5 Manfaat Daun Binahong Bagi Kesehatan, Lihat di Sini!

Kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari daun binahong. Hal itu berasal dari berbagai nutrisi penting yang terkandung dalam daun binahong. Misalnya, flavonoid dan antioksidan yang lain.

Kandungan ini dapat melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Dengan demikian, kondisi tubuh secara keseluruhan dapat terjaga. Oleh karena itu, usahakan untuk mengkonsumsi daun binahong secara rutin.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita perlu mengolah daun binahong dengan cara yang benar. Misalnya, jangan menyimpan daun binahong di lemari es atau memanaskan kembali daun binahong. Dengan mengonsumsi daun binahong  dengan benar, kita akan merasakan manfaat kesehatan berikut ini:

1. Mengobati gagal ginjal

Daun binahong dipercaya ampuh mengobati gagal ginjal. Sangat mudah untuk membuat obat herbal gagal ginjal dengan daun binahong.

Siapkan secangkir air untuk direbus dengan 10-15 gram daun binahong segar hingga mendidih. Sebelum makan, minum air rebusan daun binahong tersebut tiga kali sehari.

Baca Juga :  5 Khasiat Sambiloto yang Terkenal dengan Rasa Pahit

2. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat kesehatan dari mengkonsumsi daun binahong adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Rebus lima lembar daun binahong dalam dua gelas air. Kita harus meminumnya setidaknya sekali sehari, dan kemudian kita akan mendapatkan hasil yang baik.

Namun, harap untuk tidak mengonsumsi daun yang terlalu tua dan terlalu muda. Melainkan, pilih daun nomor empat dan tujuh secara berurutan dari atas.

Jangan menyimpan daun binahong di lemari es atau memanaskannya kembali karena akan merusak senyawanya. Simpan di laci atau pada tempat bersuhu ruangan.

Serta, yang terpenting jangan mengonsumsi terlalu banyak. Hal itu dapat merusak hati dan ginjal.

3. Meningkatkan tekanan darah

Kita dapat meningkatkan tekanan darah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung mineral. Salah satunya adalah ramuan yang terbuat dari daun binahong. Ambil delapan buah dan rebus dengan dua gelas air. Pastikan untuk meminumnya setidaknya sekali sehari.

4. Meningkatkan energi

Saat merasa lelah, tubuh membutuhkan energi untuk mengembalikan kondisi yang bugar.

Baca Juga :  5 Khasiat Sambiloto yang Terkenal dengan Rasa Pahit

Energi bagi tubuh dapat diperoleh dari berbagai makanan, salah satunya daun binahong. Minum air rebusan daun binahong dapat membuat energi tubuh terasa seperti terisi kembali.

5. Mengatasi sakit perut

Ada banyak faktor penyebab sakit perut, seperti kebiasaan makan yang tidak teratur dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Jika kita memiliki masalah perut dan tidak mau minum obat, daun binahong bisa mengatasinya. Kandungan yang terdapat dalam daun binahong dapat menenangkan masalah yang terjadi di dalam perut.